PLTU Cirebon : Lahan PLTU 2 tidak Bermasalah

Aksi demonstrasi warga di depan gerbang PLTU Cirebon.

Aksi demonstrasi warga di depan gerbang PLTU Cirebon.

(Suara Gratia)Cirebon – Hingga 29 Oktober 2016, Pembangkit Listrik tenaga Uap (PLTU) Cirebon terus didemo warga. Para demonstran menuntut penyelesaian persoalan lahan terkait pembangunan PLTU 2, yang akan dibangun tidak jauh dari lokasi PLTU I. Aksi ini, menyisakan sejumlah kerusakan yakni, pagar pembatas PLTU 2 rusak sepanjang 110 meter.

Presiden Direktur PLTU Cirebon Heru Dewanto menyatakan, menyatakan hingga saat ini tidak ada persoalan lahan dalam area proyek, atau Power Block PLTU 2. Karena pihaknya menyewa lahan milik Negara.

“Kalau dari kami clear soal lahan. PLTU 2 ini kan dibangun di lahan milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang kami sewa,” katanya, Senin 31/10/2016.
Menanggapi banyaknya aspirasi warga soal lahan ini, pihaknya pun sudah melakukan pemeriksaan ulang terkait lahan tersebut, dan hasilnya bisa dinyatakan bahwa tidak ada persoalan lahan di area PLTU 2.
“Tanah yang digunakan dalam area PLTU 2 masuk dalam daftar Barang Milik Negara (BMN) seperti tertuang dalam Keputusan Menteri Keuangan No 06/MK.6/WKN.07/KNL.02/2013 PLTU Cirebon menyewa sesuai aturan yang berlaku dalam Peraturan Menteri Keuangan No 78/PMK.06/2014 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pemanfaatan BMN,” terangnya.
Namun Heru menambahkan, apabila memang ada bidang-bidang lahan yang belum selesai, maka PLTU 2 mempersilahkan pihak-pihak terkait untuk lapor dengan membawa bukti-bukti.
“Apabila memang tanah yang kami gunakan belum dibebaskan. Maka lahan ini akan kami beli, dengan sayarat pemilik dapat menunjukkan bukti-bukti yang sah,” imbuhnya.
“Kami menghormati hak masyarakat untuk menyampaikan pendapat, dan dengan senang hati kami menerima masukan-masukan tersebut, akan kami tindaklanjuti dengan serius. Namun kami menyayangkan aksi pengerusakan yang dilakukan, terutama disaat dialog-dialog dengan berbagai pihak sedang berlangsung. Terkait pengerusakan ini kami sedang mempertimbangkan untuk mengambil langkah hukum.”
Teguh juga menambahkan PLTU Cirebon terus memegang teguh komitmen untuk menjadi Tetangga yang baik dan menjadi bagian dari masyarakat dan memberikan kontribusi positif untuk lingkungan sekitar.
“Kalau ada yang belum maksimal, mohon kami diingatkan juga, tentu dengan tetap memperhatikan ketertiban dan kebaikan bersama,” tutupnya.(Frans C Mokalu)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s