PBNU : Jangan bawa konflik Timur Tengah ke Indonesia

Ketua Lembaga Dakwah PBNU KH. Maman Imanulhaq.

Ketua Lembaga Dakwah PBNU KH. Maman Imanulhaq.

(Suara Gratia)Cirebon – Demonstrasi besar-besaran tanggal 4 November 2016 mendatang, menyedot perhatian banyak kalangan. Termasuk salah satunya adalah Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama.
Menurut Ketua Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH. Maman Imanulhaq, demokrasi merupakan sarana rakyat untuk menyampaikan aspirasinya kepada negara, namun demokrasi ini harus berjalan dengan aman tanpa mengganggu kepentingan umum apalagi sampai anarkis.

“Umat Islam harus bersyukur kepada proses demokrasi yang memberi ruang untuk mengemukan pendapat depan umum tanpa ada ancaman represif dari aparat seperti zaman Orde Baru. Karenanya demo sebesar apapun harus tetap santun, tidak anarkis dan tidak merusak fasilitas umum,” katanya, Selasa 01/11/2016.
Kiai Maman mengatakan, Indonesia harus jadi Negara yg menjadi contoh bagaimana agama menjadi spirit bagi umatnya untuk melakukan perubahan dan perdamaian.
“Jangan bawa konflik Timur Tengah ke Indonesia. Nilai Islami dalam berdemokrasi akan terlihat bila tidak ada caci maki dan provokasi,” tuturnya.
Ia meminta, menghadapi demonstrasi masa yang besar dengan isu yang sensitif aparat pemerintah tetap harus bersikap adil, konstitusional dan profesional.
“Jangan panik. Rakyat di belakang pemerintah untuk memberikan rasa aman dan tenang. Siapapun yang mengancam dan hendak membuat kekacauan di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) akan berhadapan dengan Rakyat,” pungkasnya.
Untuk menjaga negara ini aman, tentram dan nyaman, netizen pun diimbau untuk tetap rasional dan menjaga kesalehan bermedia sosial.
“Jangan memviral gosip apalagi fitnah yang akan menimbulkan kepanikan. Jadikan medsos sebagai ladang amal dan mimbar kebaikan dengan menulis, men-share dan memviral hal-hal positif yg menguatkan ukhuwah , nasionalisme dan kemanusian,” ujarnya.(Frans C Mokalu)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s