Pemkot Cirebon Gelar Operasi Yustisi

Operasi Yustisi di Kota Cirebon.

Operasi Yustisi di Kota Cirebon.

(Suara Gratia)Cirebon – Warga yang melintas di Jl. Benteng Kota Cirebon pejalan kaki maupun yang berkendara diperiksa satu-persatu kepemilikan identitas kependudukannya. Pasalnya, kepemilikan Kartu Tanda Penduduk Elektronik sifatnya wajib bagi Warga Negara Indonesia yang sudah berumur 17 tahun, sudah menikah atau sudah pernah menikah. Denda sebesar Rp 25 ribu pun dikenakan bagi warga yang kedapatan tidak membawa KTP (walaupun sudah memiliki), tidak memiliki KTP Elektronik, dan belum melakukan perekaman.

Menurut, Oma Rustama, Sekretaris Dinas Penduduk dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cirebon, ini adalah Operasi Yustisi yang ke-4 yang pernah digelar. Operasi Yustisi tahun sebelumnya terjaring sebanyak 90-100 warga yng tidak memiliki KTP Elektronik.
“Satu tahun diadakan dua kali Operasi Yustisi. Kita sudah memulainya sejak tahun 2015,” katanya, Selasa 22/11/2016.
Ia mengatakan, setiap hari jumlah pemohon KTP bertambah karena hal ini dipengaruhi oleh perpindahan penduduk, kecukupan usia, kehilangan, dan kerusakan. Pihaknya hingga kini masih melayani perekaman KTP, selain di hari kerja, pihaknya pun membuka layanan perekaman KTP di tanggal merah dan hari libur hingga malam hari.
“Jumlah pemohon KTP per hari sebanyak 80 sampai 100 orang. Kalau yang masih kerja tidak sempat membuat KTP kita buka perekaman di hari libur dan malam pun kita layani di Kecamatan masing-masing,” ujarnya.
Sementara, salah seorang warga Kalijaga Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon Lamhot, yang terjaring dalam Operasi Yustisi mengaku, belum sempat membuat KTP karena sering lupa.
“Tadi langsung di sidang kena denda Rp 25.000. KTP-nya belum diperpanjang, lupa,” katanya.(Frans C Mokalu)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s