SPBU di Kota Cirebon Mulai Tinggalkan Premium

Kendaraan mengisi Pertalite di SPBU Kejawanan Kota Cirebon.

Kendaraan mengisi Pertalite di SPBU Kejawanan Kota Cirebon.

(Suara Gratia)Cirebon – Sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kota Cirebon tidak menjual Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium lagi. Salah satunya adalah di SPBU Kejawanan Kota Cirebon, di SPBU tersebut sudah tidak menjual premium sejak bulan September lalu.
“Sudah tidak menjual premium sejak September,” kata Rama salah satu petugas SPBU di Kejawanan Kota Cirebon, Senin (28/11/2016).

Ia mengatakan, tidak tahu alasan SPBUnya berhenti menjual premium. Namun ia mengakui, bahwa pengguna kendaraan saat ini sudah banyak yang beralih ke Pertalite atau pertamax.“Kalau alasan jelasnya saya kurang faham. Tapi, pengguna kendaraan memang sudah banyak yang berpindah ke Pertalite dan Pertamax,” kata Rama.
Sales Eksekutif Retail Wilayah 15 PT Pertamina Cirebon, Hendra Saputra, membenarkan kondisi tersebut. Menurutnya, saat ini sudah ada sekitar 10 SPBU yang ada di wilayah Cirebon dan sekitarnya, yang tidak berjualan premium. Namun ia menegaskan, Pertamina tidak menginstruksikan SPBU untuk berhenti berjualan Premium.
“Ada sekitar 10 SPBU yang sudah tidak berjualan Premium di Cirebon, tapi itu atas permintaan mereka sendiri, bukan intruksi dari kita,” kata Hendra.
Hendra menjelaskan, selain karena tangki pengisiannya terbatas, juga karena margin keuntungan pada premium cukup kecil. Kondisi ini membuat sejumlah pengusaha lebih memilih menjual Pertalite atau Pertamax dibandingkan dengan premium.
“Alasan yang disampaikan kepada kami, salah satunya karena tangki yang terbatas, sehingga mengorbankan tangki premium. Selain itu, karena keuntungan dari premium cukup sedikit,” terangnya.
Sementara, salah seorang warga Kota Cirebon Ilman (30 tahun) memgaku, tidak mempermasalahkan sejumlah SPBU sudah tidak menjual Premium lagi. Karena menurutnya, harga Pertalite dan Pertamax tidak jauh berbeda dengan harga Premium.
“Sekarang pertamax juga murah dan irit, sehingga habisnya sama saja dengan Premium,” katanya.(Frans C Mokalu)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s