3 ribu Nelayan di Cirebon Terima Asuransi Gratis

Direktur Pol Airud Polda Jawa Barat, Komisaris Besar Polisi Suwarto, secara simbolis menyerahkan asuransi gratis kepada 3 ribu nelayan Cirebon.

Direktur Pol Airud Polda Jawa Barat, Komisaris Besar Polisi Suwarto, secara simbolis menyerahkan asuransi gratis kepada 3 ribu nelayan Cirebon.

(Suara Gratia)Cirebon – Sedikitnya 3 ribu nelayan di Cirebon menerima asuransi gratis dari Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Pol Airud) Polda Jawa Barat dan PLTU Cirebon. Para nelayan yang menerima asuransi ini berasal dari 13 Desa di 5 kecamatan, yaitu Mundu, Astanajapura, Pangenan, Gebang dan Losari. Direktur Pol Airud Polda Jawa Barat, Komisaris Besar Polisi Suwarto, menyebutkan, program pemberian asuransi bagi nelayan sudah berjalan sejak tahun 2011 lalu berawal dari keluhan para nelayan yang tidak mendapatkan santunan apapun ketika melaut.

“Ribuan nelayan di sekitar pesisir Cirebon kembali mendapatkan perlindungan Asuransi Kecelakaan Diri (AKD), yang menjamin santunan bagi para nelayan bila mendapatkan musibah atau kecelakaan,” katanya, Kamis 1/12/2016.
Ia melanjutkan, sejak tahun 2011 program AKD telah mengasuransikan sebanyak 80 nelayan di 4 Desa di Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon. Seiring berjalannya waktu jumlahnya kian bertambah hingga mencapai 3 ribu di tahun 2016.
“Tahun kedua, program ini berkembang menjadi 500 nelayan. Di tahun 2013, jumlah penerima berlipat ganda menjadi 1000 orang. Dan terus bertambah pada tahun 2014, telah menyalurkan asuransi pada 2000 orang, dan sejak tahun 2015 mencapai 3000 orang,” terangnya.
Direktur PT Cirebon Energi Prasarana (CEPR) Teguh Haryono berharap, program perlindungan terhadap nelayan dapat menginspirasi pihak terkait lainnya, sehingga seluruh nelayan di tanah air merasa nyaman dan aman saat menjalankan profesinya.
“Kami berharap program kerjasama ini dapat menyentuh para nelayan yang selama ini tidak merasakan manfaat dari perlindungan asuransi,” katanya.
Ia mengungkapkan, perlindungan kerja terhadap merupakan komitmen PLTU Cirebon dalam memberdayakan masyarakat sekitar pesisir Cirebon.
“Kami memang berkomitmen ingin menjadi sahabat bagi masyarakat dan terlibat aktif dalam pemberdayaan masyarakat secara sosial dan ekonomi,” ujarnya.
Sementara, tokoh nelayan Cirebon asal Desa Citemu Kecamatan Mundu, Haji Mahfud mengaku, kini nelayan tidak lagi merasa khawatir ketika melaut, karena menurutnya, seluruh aktifitas nelayan baik di laut maupun di darat telah mendapatkan jaminan keselamatan kerja seperti profesi lainnya.
“Sekarang sudah tidak seperti dulu lagi, karena bila nelayan mengalami kecelakaan, dapat memperoleh bantuan biaya pengobatan, serta santunan bila nelayan meninggal dunia, baik secara alami ataupun musibah kecelakaan,” tuturnya.(Frans C Mokalu)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s