Rekeningnya Dibekukan, PT CSI Minta Anggotanya Jangan Resah

Manajer Operasional PT CSI yang juga Sekretaris BMT CSI Syariah Sejahtera, Agung Hermawan (kanan).
Manajer Operasional PT CSI yang juga Sekretaris BMT CSI Syariah Sejahtera, Agung Hermawan (kanan).

(Suara Gratia)Cirebon – Walaupun terjadi gangguan dalam transaksi, akibat dibekukannya rekening sebanyak 15.964 anggotanya, operasional PT Cakrabuana Sukses Indonesia (CSI) berjalan seperti biasa. Hal ini ditegaskan setelah, Satgas Waspada Investasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Cirebon menilai pihak CSI telah merugikan masyarakat, dan Bareskrim Mabes Polri menyita dokumen, perangkat komputer, hingga satu unit mobil Pajero di tiga kantor PT CSI di Cirebon.Seluruh anggota CSI Group di Indonesia dan anggota Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan (KSPPS) BMT CSI Syariah Sejahtera, diminta tidak perlu khawatir karena pemblokiran rekening tersebut bersifat sementara, dan nilainya  tidak akan hilang.
“Seluruh keluarga besar CSI Group, diimbau agar tetap tenang, karena dana anggota yang tersimpan dan diblokir pihak kepolisian bersifat sementara,” kata Manajer Operasional PT CSI yang juga Sekretaris BMT CSI Syariah Sejahtera, Agung Hermawan, Jumat 9/12/2016.
Pihaknya menegaskan, bahwa KSPPS BMT CSI Syariah Sejahtera adalah perusahaan yang berbadan hukum resmi, memiliki kelengkapan dokumen perizinan yang sah dari Kementerian Koperasi UKM.
“Kedudukan dan legalitas CSI terdaftar dengan nomor 1152/BH/M.KUKM.2/V2014 serta dibawah naungan Kementerian Koperasi UKM,” ujarnya.
Agung pun menepis tuduhan yang menyatakan PT CSI melakukan tindakan penyalahgunaan usaha untuk pencucian uang.
“Tuduhan pelanggaran tindak pidana penghimpunan dana tanpa izin dan tuduhan tindak pidana pencucian uang adalah tidak benar dan tidan berdasarkan hukum,” katanya.
Ia memastikan, meski sekitar 7 hingga 8 rekening dibekukan dan dua orang pengurusnya diperiksa oleh kepolisian, hingga saat ini tidak ada pihak manapun yang merasa dirugikan oleh KSPPS BMT CSI Syariah Sejahtera.
“Terkait pemberlakuan kepolisian terhadap lembaga ini. Sampai sekarang, semua hak dan kewajiban antara anggota dan lembaga tertunaikan dengan normal dan lancar, tidak pernah ada keluhan satu pun,” tuturnya.
Disinggung kemungkinan menuntut balik, Agung menyerahkan hal itu kepada tim penasihat hukum.
“Inginnya menuntut balik, tapi kami serahkan saja pada tim penasihat hukum,” pungkasnya.
Sementara itu, sejumlah anggota mengaku kesulitan memperoleh informasi mengenai nasib uang yang mereka ‘titipkan’ ke KSPPS BMT CSI Syariah Sejahtera. Seperti diungkapkan Hr yang mengklaim telah beberapa kali mencoba menanyakan soal dana bagi hasil yang menjadi haknya, namun sering gagal.
“Saya sudah coba beberapa kali menanyakan soal dana bagi hasil, tapi pengurusnya sulit ditemui,” katanya.(Frans C Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s