Jelang Natal Jalur Pantura Cirebon Banyak yang Rusak

Pengendara motor melintas di salah satu ruas jalan di Pantura Cirebon.
Pengendara motor melintas di salah satu ruas jalan di Pantura Cirebon.

(Suara Gratia)Cirebon – Hujan yang terus mengguyur Cirebon dalam beberapa minggu ini, berdampak pada kerusakan jalur pantura Cirebon. Kerusakan jalan membentuk lubang berdiameter 30-60 cm dengan kedalaman 5-10 cm yang tersebar di sejumlah jalur pantura. Kondisi tersebut, dirasa cukup mengganggu perjalanan dan keselamatan pengguna jalan.
“Jalannya banyak yang rusak, jadi harus hati-hati,” ujar Riyan, salah satu pengendara sepeda motor, Kamis (15/12/2016).

Dari Terminal Cirebon menuju Desa Pangenan Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon misalnya, cukup banyak kerusakan jalan yang ditemukan. Dalam perjalanan berjarak sekitar 15 Km tersebut, kerusakan jalan bisa didapati dengan jarak 20 meter. Kerusakan parah juga terlihat disetiap jembatan yang ada.Sementara itu, di jalan Pegambiran Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon, terlihat petugas dari Bina Marga sedang memperbaiki jalan, dengan melakukan penambalan pada jalan yang mengalami kerusakan.
Petugas yang tidak mau disebutkan namanya tersebut menuturkan, bahwa ada dua tim yang ditugaskan untuk memperbaiki jalur pantura.
“Ada yang di Indramayu dan ada yang di Cirebon, kita sendiri dari Pusat, karena ini jalan Nasional,” ujarnya.
Ia menuturkan, kerusakan yang terjadi di Cirebon cukup banyak. Rata-rata memiliki kedalaman 5 sampai 10 cm. Kerusakaan ini, diduga karena tingginya intensitas hujan yang terjadi pada minggu-minggu ini.
“Kita tidak ada target, tapi seluruh kerusakan jalan harus diperbaiki,” ujarnya.
Kerusakan parah yang terjadi di sejumlah jalur utama Pantura Cirebon, dibenarkan oleh Kasatlantas Polres Cirebon, AKP Galih Raditya. Ia mengaku sudah mengetahui hal tersebut dan sudah mengirimkan surat kepada pihak terkait, untuk segera melakukan perbaikan.
“Ya benar, memang banyak yang rusak. Kita sudah kirimkan surat untuk perbaikannya,” katanya.
Dalam surat tersebut, kata Galih, pihaknya meminta agar perbaikan jalan harus sudah selesai sebelum dilaksanakannya operasi lilin. Galih juga akan melakukan pengecekan secara langsung, satu minggu sebelum libur natal.
“Nanti kita akan cek langsung kelapangan, satu minggu sebelum natal,” imbuhnya.
Ia juga meminta kepada masyarakat yang melintasi jalur pantura, untuk lebih waspada ketika sedang berkendara. Kondisi curah hujan yang cukup tinggi di Cirebon juga, membuat banyak lubang yang tertutup oleh air dan cukup membahayakan para pengendara.
“Untuk pengendara diminta berhati-hati dan wasapada, ketika melintasi jalur pantura Cirebon,” tuturnya.(Frans C Mokalu)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s