Bank di Jawa Barat Banyak yang Tutup

Direktur Group Pengelolaan Transformasi – LPS, Suwandi.
Direktur Group Pengelolaan Transformasi – LPS, Suwandi.

(Suara Gratia)Cirebon – Sampai dengan Oktober 2016 di sebanyak 75 bank telah tutup. Dari jumlah itu paling banyak berada di Jawa Barat yakni sebanyak 28 bank, terbanyak kedua adalah Sumatera Barat sebanyak 14 bank. Sementara di Jawa Tengah sebanyak 6 bank dan Jawa Timur sebanyak 4 bank tutup di periode yang sama. Bank yang telah selesai proses likuidasinya sebanyak 63 bank.
Menurut, Direktur Group Pengelolaan Transformasi Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Suwandi, bank yag telah dicabut izin usahanya didominasi oleh Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yakni sebanyak 69 unit, bank umum 1 unit, dan BPRS Syariah sebanyak 5 bank.“Penyebab BPR bermasalah adalah lemahnya implementasi Good Corporate Governance (GCG) dalam aktifitas bisnis bank. Kita dapat melihatnya dari fraud yang dilakukan oleh pemilik, pengurus pegawai, dan atau pihak lain,” katanya, Kamis 15/12/2016 malam di Cirebon.
Ia mengatakan, selama menjalankan operasionalnya banyak bank yang jatuh bangun dalam mempertahankan usahanya, namun pihaknya memastikan tidak akan terburu-buru dalam mengambil keputusan bank tersebut masih bisa dipertahankan atau tidak.
“Bank itu ya biasa seperti manusia , keluar masuk rumah sakit sudah biasa. Semaksimal mungkin kita pertahankan, kriteria yang bisa diselamatkan itu adalah biaya yang dikeluarkan untuk menyelamatkan harus lebih rendah daripada tidak menyelamatkan. Kalau yang terjadi sebaliknya, maka kita merekomendasikan untuk menutup bank tersebut,” ujarnya.
Sementara, hingga 31Oktober 2016, LPS telah melakukan penanganan simpanan terhadap 75 bank yang dicabut izin usahanya, dan yang telah selesai proses rekonvernya sebanyak 73 bank.
“Dari simpanan layak dibayar nilainya lebih dari Rp 1 triliun. Setelah memperhitungkan nilai maksimum penjaminan LPS dan set-off terhadap pinjaman, kami hanya membayarkan sebesar Rp 834,26 miliar,” terangnya.(Frans C Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s