BI Cirebon Belum Bisa Penuhi Kebutuhan Uang Baru

Kepala KPwBI Cirebon, Abdul Majid Ikram.
Kepala KPwBI Cirebon, Abdul Majid Ikram.

(Suara Gratia)Cirebon – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Cirebon belum dapat memenuhi seluruh kebutuhan uang baru yang resmi dikeluarkan dan diedarkan mulai 19 Desember 2016.
Kepala KPwBI Cirebon, M Abdul Majid Ikram mengungkapkan, pihaknya telah menyuplai ke-11 pecahan uang Rupiah Tahun Emisi (TE) 2016 kepada perbankan di Cirebon.“Beberapa bank sudah minta uang baru, tapi kami belum dapat penuhi semua karena ketersediaan pun masih terbatas,” ungkapnya di Gedung KPwBI Cirebon, Senin 19/12/2016.

Namun, dia meyakinkan, ketersediaan uang baru dari BI pusat mencukupi dengan azas keadilan. Terlebih, uang baru akan dikirim secara bertahap.
“Mengenai jumlahnya kita belum bisa pastikan berapa tapi yang pasti akan diedarkan merata,” ujarnya.
Pihaknya mengimbau warga yang belum memperoleh uang baru untuk tak khawatir mengingat uang lama masih berlaku. Pemberlakuan uang lama hingga BI resmi menarik peredarannya, setidaknya dalam lima tahun ke depan.
“Uang baru sama saja dengan uang lama. Ini kan hanya efek psikologis saja, kesannya keren ketika sudah memegang uang baru, padahal yang lama pun masih berlaku kok,” terangnya.
Masyarakat yang hendak menukar uang baru sendiri sudah dapat mendatangi bank-bank terdekat, termasuk BPR. Dia pun mengimbau bank-bank mengedarkan uang baru.
Pihaknya menjamin keamanan uang baru di antaranya dengan keberadaan benang pengaman hingga rectoverso yang lebih lengkap.
Pengeluaran dan peredaran 11 pecahan uang baru dilakukan Presiden RI Joko Widodo. Ke-11 uang baru itu terdiri dari tujuh pecahan kertas yakni pecahan Rp 100 ribu, Rp 50 ribu, Rp 20 ribu, Rp 10 ribu, Rp 5 ribu, Rp 2 ribu, dan seribu rupiah, serta empat pecahan logam yakni seribu rupiah, lima ratus rupiah, dua ratus rupiah, dan seratus rupiah.
Pada uang baru, kecuali pecahan Rp 100 ribu yang masih bergambar Soekarno-Hatta, terdapat perbedaan gambar dari uang lama mulai dari gambar pahlawan hingga gambar kekayaan alam Indonesia.(Frans C Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s