Ibadah Malam Natal di Cirebon Berlangsung Aman

Misa malam Natal di Gereja St. Yosef Cirebon.
Misa malam Natal di Gereja St. Yosef Cirebon.

(Suara Gratia)Cirebon – Walikota Cirebon Nasrudin Azis memastikan perayaan Natal di Kota Cirebon akan berjalan aman. Hal tersebut disampaikan Azis, saat meninjau sejumlah gereja di Kota Cirebon bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Cirebon, pada sore hingga petang hari, Sabtu 24/12/2016.

Azis juga mengapresiasi petugas keamanan dari TNI dan Polri yang sudah melakukan pengamanan dalam pelaksanaan ibadah natal. Menurutnya, petugas sudah melakukan sterilisasi sejumlah geraja di Kota Cirebon, untuk memastikan keamanan dan kenyamanan bagi umat Nasrani yang akan melakukan ibadah.
“Dipastikan 100 persen aman. Saya juga ucapkan terima kasih kepada TNI dan Polri yang sudah melakukan pengamanan dalam perayaan Natal ini,” kata Azis.
Kapolresta Cirebon, AKBP Adi Vivid Agustiadi Bachtiar juga menjamin keamanan pelaksanaan ibadah perayaan natal di Kota Cirebon. Pihak kepolisian melakukan dua kali sterilisasi di 39 gereja di Kota Cirebon, untuk memastikan keamananannya.
“Pagi tadi kita lakukan sterilisasi dan dua jam sebelum misa, juga dilakukan sterilisasi lagi,” kata Adi.
Pihaknya juga menyiagakan sejumlah personil di setiap gereja yang ada di Kota Cirebon. petugas yang disiagakan dalam setiap gereja berbeda, tergantung dari besar dan banyaknya jemaat yang melakukan ibadah di gereja tersebut.
“Minimal satu gereja ada lima anggota. Jika gereja yang besar, ada sekitar 15 petugas yang disiagakan,” kata Adi.
Adi mengimbau kepada masyarakat, untuk bisa menjaga situasi Kota Cirebon yang cukup kondusif. Ia juga meminta bantuan masyarakat, untuk melaporkan sesuatu yang mencurigakan kepada pihak kepolisian.
Sementara, Misa malam Natal di Gereja St. Yosef Cirebon berjalan khidmat. Ribuan umat Katolik yang akan mengikuti Misa pukul 16.30 Wib sudah memadati gereja sejak pukul 15.30.
Dalam kotbahnya Pastor Paroki St. Yosef Cirebon Krsitianus Kristianto OSC mengatakan, perayaan natal mengingatkan kita untuk saling menghargai sesama manusia.
“Menjadi sangat jelas bahwa setiap pribadi manusia harus dihargai tidak boleh direndahkan apalagi dibinasakan oleh siapapun,” katanya.
Selain itu, ia pun menekankan untuk mencintai orang-orang kecil, orang-orang yang hidupnya kurang beruntung.
“Perayaan natal ini menjadi perayaan untuk penghargaan nilai manusia. Semoga malam ini kita dapat mencintai orang-orang kecil yaitu orang-orang yang mau mengandalkan tuhan dalam hidupnya,” ujarnya.(Frans C Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s