5 orang Tertangkap OTT Tim Saber Pungli Polres Cirebon

Barang bukti OTT di Cirebon.

Barang bukti OTT di Cirebon.

(Suara Gratia)Cirebon – Dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT), Tim Sapu Bersih (Saber) Pungli Polres Cirebon mengamankan lima orang pelaku pungli. Empat orang diantaranya berstatus sebagai pegawai honorer di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon. AB (32 tahun) diamankan di jalan raya Desa Kesugengan Lor Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon, S (31 tahun), US (29 tahun), PR (38 tahun), dan TS (33 tahun) diamankan di Pasar Palimanan.
Kapolres Cirebon AKBP Risto Samodra mengatakan, para pelaku pungli diamankan petugas dihari yang sama dalam tiga kali OTT diwaktu yang berbeda.“Mereka kami tangkap dalam OTT di dua tempat yang berbeda,” katanya, Minggu 25/12/2016 malam.
OTT pertama pukul 07.30 Wib, mengamankan AB yang melakukan pemungutan uang kepada pengemudi mobil bus di jalan raya Desa Kasugengan Lor Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon.
“Pelaku melakukan pemungutan uang kepada para sopir bus yang melintas dengan nilai sebesar Rp 5.000 per bus. Barang bukti yang diamankan, uang tunai Rp 164.000, 1 buah handphone, dan satu buah sim C atas nama tersangka,” imbuhnya.
Di Pasar Palimanan petugas kembali menangkap S dan US yang berstatus pegawai honorer Dinas Cipta Karya dan Kebersihan Kabupaten Cirebon. Keduanya kedapatan memungut uang retribusi kebersihan menggunakan karcis retribusi ilegal.
“Kedua orang itu satu tim telah memungut uang restribusi kebersihan menggunakan karcis yang tidak ada porporasinya dan karcis tahun 2015. Barang bukti yang diamankan adalah uang senilai Rp 509.500 dan dua bendel karcis retribusi kebersihan,” pungkasnya.
Sementara, PR dan TS yang berstatus pegawai honorer di Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Cirebon, ditangkap karena memanipulasi setoran Retribusi Pasar ke kas daerah, yakni jumlah setoran tidak sesuai dengan jumlah karcis yang terpakai.
“Hasil pemeriksaan sementara, tersangka ditargetkan menyetor uang retribusi ke Bendahara Pasar sebesar Rp 350.000 per hari, namun yang disetorkan hanya Rp 49 ribu. Kami mengamankan barang bukti uang tunai hasil retribusi sebesar Rp 320 ribu, dua bendel karcis retribusi pasar, dan satu buah surat tugas.
Saat ini pihaknya mengamankan barang bukti, dan tersangka tengah diperiksa lebih lanjut.
“Kami akan berkoordinasi dengan Inspektorat Kabupaten Cirebon dan memeriksa pihak-pihak terkait lainnya yang diduga terlibat,” katanya.(Frans C Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s