Pemuda Lintas Iman Cirebon Silaturahmi ke Gereja-gereja

Pelita Cirebon mengunjungi GBI PPL Asri.
Pelita Cirebon mengunjungi GBI PPL Asri.

(Suara Gratia)Cirebon – Ada sesuatu yang unik dan luput dari pantauan, yakni apa yang dilakukan oleh sejumlah pemuda yang tergabung dalam Pemuda Lintas Iman (Pelita) Cirebon. Bertepatan dengan hari Natal (Minggu, 25-12-2016) lalu, mereka bersilaturahmi ke gereja-gereja di Kota Cirebon. Setelah ibadah Natal selesai sekitar pukul 11.00 WIB satu per satu gereja dikunjunig, diantaranya adalah Gereja St. Yusuf Cirebon, Sekolah Santa Maria, dan Gereja Bethel Indonesia People Prepared For The Lord (GBI PPL Asri).Kordinator Pelita Cirebon Sandriyanie Omen mengatakan, kunjungan ke gereja-gereja setelah ibadah Natal ini dilakukan untuk menetralisir isu-siu sensitif yang beredar selama ini. Ia pun, ingin memastikan bahwa saudara-saudara umat kristaini yang merayakan Natal merasa nyaman dan aman.
“Karena hampir setiap tahun menjelang perayaan Natal, isu-isu negatif kepada umat kristiani sangat terasa. Misalnya, tidak boleh mengucapkan selamat Natal kepada umat kristiani, ada himbauan tidak boleh memakai atribut Natal bagi umat muslim, dan lainnya. Kita ingin saudara-saudara kita yang merayakan Natal merasa aman dalam menjalankan ibadahnya,” katanya, ditemui di sekretariat Pelita di Jl. Majasem Kota Cirebon, Selasa 27/12/2016.
Dalam kunjungan itu, mereka menemui kordinator kepemudaan dan berbicara mengenai topik-topik ringan seputar aktifitas sehari-hari tanpa menyinggung isu Suku Agama Ras dan Antar golongan (SARA).
“Kita ngobrol tidak berkaitan dengan isu agama, tapi lebih kepada keseharian saja. Misalnya, mengenai kabar teman-teman, pekerjaan mereka, hobi dan lain-lain,” imbuhnya.
Menurutnya, pemuda-pemuda gereja menerima kunjungan ini dengan tangan terbuka, tidak ada sekat yang memisahkan, bahkan merasa seperti menjadi bagian dari perayaan Natal itu sendiri.
“Kita diterima dengan baik tidak dianggap orang lain. Kita seperti menjadi bagian dari mereka,” ujarnya.
Sementara, Ketua Pemuda GBI PPL Asri Cirebon Suci Rohaeman Sudrajat merasa gembira mendapatkan kunjungan dari kawan-kawan Pelita, karena ini baru pertama kali gerejanya disambangi oleh pemuda-pemudi umat islam.
“Kalau share pengalaman Natal sama teman satu gereja itu biasa, tapi kalau berbagi cerita Natal bersama teman-teman islam terasa sangat luar biasa,” katanya.
Hal serupa diungkapkan Yohanes Bosco Sugiyanto Seksi Kepemudaan Paroki St Yusuf Cirebon.
“Walaupun hanya sebentar kita merasa senang teman-teman dari Pelita bisa mampir ke gereja,” katanya.(Frans C Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s