Luapan Sungai Cideres di Cirebon Genangi 3 ribu Rumah

Banjir rendam 3 ribu rumah di Cirebon.
Banjir rendam 3 ribu rumah di Cirebon.

(Suara Gratia)Cirebon – Lima Desa di Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon, terendam banjir setinggi 70 hingga 200 Centimeter. Banjir yang disebabkan oleh meluapnya sungai Cideres ini sedikitnya menggenangi 3 ribu rumah. Senin (2/01/2016) pagi, dengan cepat air dari luapan sungai tersebut menggenangi rumah-rumah warga.
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cirebon, Maryono mengatakan, ada sebanyak 3 ribu rumah di Kabupaten Cirebon yang terendam banjir. Rumah yang terendam banjir tersebut, terdapat di Kecamatan Gebang, Pabedilan dan Waled. Dinas Sosial juga sudah menurunkan sejumlah petugasnya, untuk membantu evakuasi warga dan bantuan sembako.

“Banjir terjadi sejak pagi, kini masih proses evakuasi warga yang rumahnya terendam banjir,” katanya, Senin 2/02/2016.
Menurut Maryono, ketinggian air di tiga kecamatan itu sempat mencapai dua meter, namun kini kondisinya sudah mulai surut.
“Ada sekitar 1.410 rumah yang terendam banjir di Kecamatan Gebang. Kalau digabungkan dengan dua kecamatan lainnya, mencapai 3000 rumah,” imbuhnya.
Ia melanjutkan, diduga kuat banjir terjadi karena luapan sungai Cideres ditambah hujan deras selama dua hari bertutur-turut di wilayah Cirebon Timur.
“Selain faktor hujan deras selama dua hari, luapan air terjadi karena terjadi pendangkalan di sungai Cideres, sehingga air dengan cepat meluber ke rumah-rumah warga,” imbuhnya.(Frans C Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s