Polres Cirebon Kota Disiplinkan Anggotanya di Pondok Pesantren

Anggota Polisi dari Polres Cirebon Kota tengah mengikuti pembelajaran rohani di Pondok Pesantren Al Bahjah Cirebon.
Anggota Polisi dari Polres Cirebon Kota tengah mengikuti pembelajaran rohani di Pondok Pesantren Al Bahjah Cirebon.

(Suara Gratia)Cirebon – Sebanyak 21 Polisi dari Polres Cirebon Kota mengikuti pembinaan rohani selama satu minggu di Pondok Pesantren Al Bahjah Cirebon. Mereka yang dipondokkan, merupakan anggota yang sering melakukan pelanggaran disiplin yang terdiri dari 9 personel anggota Polres dan 12 personel anggota Polsek. Ke-21 anggota polisi ini akan mengikuti kegiatan di Pondok Pesantren mulai dari pukul 03.00 Wib – 23.00, dari tanggal 13 Januari sampai 20 Januari 2017 mendatang.Kapolres Cirebon Kota AKBP Adi Vivid Agustiadi Bachtiar mengungkapan, anggota yang termasuk program Polisi masuk Pondok Pesantren adalah yang kerap melanggar dalam bertugas seperti mengisi absen tapi yang bersangkutan tidak hadir, tidak pernah apel, pulang sebelum waktunya, dan lainnya

“Kegiatan ini rencananya akan diadakan secara berkelanjutan, dan berikutnya akan dikirm anggota Polisi ke pesantren,” katanya, Senin 16/01/2017.
Ia mengatakan, setelah mereka mengikuti pendidikan di pondok pesantren akan tetap dipantau perkembangannya selama satu bulan
“Setelah dari pesantren kita akan pantau perubahannya, kalau tetap melanggar akan ada hukuman yang lebih berat lagi,” ujarnya.
Sebelumnya, sanksi bagi anggota yang tidak disiplin dalam tugas berupa hormat pada tiang bendera, lari-lari putar lapangan, push up, dan lainnya. Namun, sanksi tersebut belum efektif.
“Sanksi fisik sudah, hormat pada tiang bendera sudah. Jadi, kali ini kita akan serahkan mereka pada alim ulama,” tuturnya.
Ia berharap, seluruh materi yang diberikan dalam pesantren ini dapat diikuti dengan baik oleh anggotanya dan ilmu yang didapat bisa menjadi bekal untuk meningkatkan keimanan diri sendiri sekaligus dalam tugasnya melayani masyarakat.
“Kepada anggota yang mengikuti kegiatan ini agar dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan dapat meningkatkan keimanan,” imbuhnya.
Sementara, Pimpinan Pondok Pesantren Al Bahjah Cirebon Buya Yahya mengaku, sudah mempersiapkan materi khusus selama satu minggu untuk diberikan kepada anggota polisi yang mengikuti pembinaan rohani di tempatnya.
“Kegiatannya adalah shalat lima waktu berjamaah dan sholat sunnah lainnya, pembacaan Kitab Suci Al Quran, dzikir, berlatih kesenian Hadroh, dan kajian Al Quran dan Al Hadits,” katanya.
Ia menyatakan, penegakkan disiplin dengan cara ini merupakan sesuatu yang baru dan positif. Ia pun berharap, setelah mengikuti pembinaan rohani di Pondok Pesantren yang dipimpinnya polisi-polisi itu dapat kembali menjalankan tugas dengan lebih baik lagi.
“Ini merupakan terobosan kreatif yang sangat positif dimana Polisi lebih dekat dengan alim ulama. Dan semoga kegiatan ini dapat diikuti oleh Polres-polres yang lain,” katanya.(Frans C Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s