Stabilkan Harga, TPID Kota Cirebon Gelar Operasi Pasar

Stan OPM TPID Kota Cirebon di Kelurahan Lemahwungkuk.

Stan OPM TPID Kota Cirebon di Kelurahan Lemahwungkuk.

(Suara Gratia)Cirebon – Untuk menstabilkan harga sejumlah kebutuhan pokok, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Cirebon menggelar Operasi Pasar Murah (OPM). OPM digelar selama lima hari di sejumlah titik yakni Kelurahan Drajat (17/01/2017, Kelurahan Argasunya (18/01/2017), Kelurahan Lemahwungkuk (19/01/2017), Kelurahan Karyamulya (20/01/2017), dan Komplek Stadion Bima (22/01/2017). Komoditas yang dijual adalah beras, cabe rawit merah, gula pasir, dan minyak goreng.

Kepala Seksi Analisa Harga dan Pasar dan Pengadaan Pangan Perum Bulog Subdivre Cirebon, Trilia Asmara Ati mengatakan, harga komoditas yang dijual dalam OPM lebih rendah dari harga di pasar, sehingga masyarakat bisa menikmati harga murah.
“Semuanya dibawah harga pasar seperti beras kelas premium kita jual Rp 8.500 per kg di pasar seharga Rp 10 ribu sampai Rp 11 ribu pe kg, gula pasir kita jual Rp 12.500 per kg sementara di pasar Rp 13.500 sampai Rp 14 ribu per kg, Minyak goreng 12 ribu di pasar seharga Rp 13 ribu per kg, dan cabe rawit merah kita jual Rp 6 ribu per ons sedangkan di pasar seharga Rp 12 ribu per ons,” katanya, saat ditemui dalam OPM di Kelurahan Lemahwungkuk Kota Cirebon, Kamis 19/01/2017.
Menurutnya, sejumlah komoditas mengalami kenaikan harga terjadi sejak memasuki bulan Januari 2017 disebabkan oleh sejumlah faktor yakni, tingginya curah hujan, serangan hama, dan berkurangnya pasokan ke pedagang.
“Hujan turun terus-menerus sehingga tanaman cabai cepat busuk dan petani mengurangi pasokannya ke pasar, ketersediaan stok terbatas harga pun mengalami kenaikan,” terangnya.
Ia berharap, OPM dapat menekan harga kebutuhan pokok sehingga masyarakat tidak kesulitan mendapatkan bahan pangan.
“Mudah-mudahan OPM ini dapat mengembalikan harga sembako menjadi normal dan tetap stabil,” katanya.
Sementara, menurut salah seorang warga Kesunean Kota Cirebon Marni, harga beras, gula, dan cabe rawit merah yang dijual di OPM cukup murah, sehingga dia bisa membeli dalam jumlah cukup banyak.
“Kalo beli dipasar harganya sekarang mahal-mahal, beli cabe rawit merah Rp 12 ribu cuma dapet sedikit. Beras dan gula juga harganya lebih murah, jadi saya bisa beli banyak,” katanya.(Frans C Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s