Banjir Bandang Kuningan, Terbesar Dalam Sejarah

Luapan Sungai Cijangkelok Kecamatan Cibingbin Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Luapan Sungai Cijangkelok Kecamatan Cibingbin Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

(Suara Gratia)Cirebon – Banjir bandang yang merendam 7 Desa di Kecamatan Cibingbin Kabupaten Kuningan, Minggu (22/01/2017) kemarin, merupakan banjir terburuk dalam sejarah di Kota Kuda itu. Karena, menurut catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, Kecamatan Cibingbin bukan daerah banjir. BPBD sendiri berkordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cisanggarung, serta Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) setempat, hingga kini masih mencari penyebab banjir.
Dihubungi melalui sambungan telepon, menurut, Kepala BPBD Kabupaten Kuningan, Agus Mauludin, Kabupaten Kuningan secara keseluruhan bukan daerah banjir karena terletak di dataran tinggi, terlebih daerah Cibingbin.
“Itu bukan daerah banjir, ini banjir terbesar dalam sejarah,” katanya, Senin 23/01/2017, malam.
Hingga kini, pihaknya pun belum bisa memastikan penyebab banjir yang dikarenakan meluapnya Sungai Cijangkelok itu. Entah karena pendangkalan Sungai Cisanggarung atau penyempitan area sungai.
“Sementara meluapnya sungai karena intensitas hujan yang sangat tinggi. Penyebab lainnya masih kita selidiki bersama BBWS, dan PSDA,” ujarnya.
Ia melanjutkan, banjir bandang yang merendam lebih dari 2 ribu rumah ini belum bisa dipastikan kerugian materilnya. Sejak siang hingga sore tadi warga yang terdampak banjir dibantu petugas, membersihkan rumah dan lingkungan bekas banjir.
“Jumlah rumah yang terendam banjir sekitar 2 ribuan. Warga tidak ada yang tinggal di posko penampungan, begitu banjir surut mereka langsung membersihkan rumah dan kembali ke rumah masing-masing,” katanya.
Agus menambahkan, warga yang membersihkan lingkungan bekas banjir kesulitan mendapatkan alat kebersihan, perlengkapan mandi, makanan, dan logistik lainnya.
“Warga kekurangan alat kebersihan, makanan, pakaian, dan logistik,” tuturnya.(Frans C Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s