Banjir Bandang Rendam 7 Desa di Kuningan

Banjir bandang di Kecamatan Cibingbin Kabupaten Kuningan.
Banjir bandang di Kecamatan Cibingbin Kabupaten Kuningan.

(Suara Gratia)Kuningan – Banjir bandang merendam sebanyak 7 Desa di Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Banjir yang disebabkan meluapnya sungai Cijangkelok anak Sungai Cisanggarung ini, merendam 7 Desa yang berada di pinggiran sungai di Kecamatan Cibingbin. Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa.

Sejak, Minggu (22/01/2017) malam tadi, petugas dengan cepat mengevakuasi warga yang rumahnya diterjang banjir ke tempat yang lebih aman.

“Lokasi pengungsian sementara di simpang Citenjo-Dukuh Badag masuk dari Desa Sukamaju,” kata bagian Darurat Logistik BPBD Kabupaten Kuningan, Yayat Sudrajat, Senin 23/01/2017.

Banjir bandang yang disebabkan intensitas hujan yang sangat tinggi sejak Minggu (22/01/2017) Pukul 15.00 Wib dengan cepat menerjang Desa-desa yang ada di pinggiran sungai, diantaranya adalah, Desa Citenjo, Desa Sindang Jawa, Desa Cipindok, Desa Sukaharja, Cibingbin, Dukuh Badag, dan Ciangir.

“Sungai mulai meluap sekitar pukul 16.30 Wib, ketinggian air antara 50 cm sampai 200 cm. Belum ada laporan korban jiwa, dan kita belum dapat menaksir kerugian materil,” terangnya.

Ia melanjutkan, kini keadaan di ke-7 Desa itu gelap gulita karena listrik padam dan hujan rintik-rintik sesekali masih terjadi. Petugas, terus berkordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mengamankan warga dan melakukan pembersihan di rumah-rumah bekas banjir.

“Kita berkordinasi dengan Muspika, SKPD, dan OPD. Pendataan dan pembersihan material sisa banjir,” katanya.(Frans C Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s