Bubarkan Demonstran Anarkis, Polisi akan Terjunkan V8 Raisa

Kendaraan pengurai massa V8 Raisa.
Kendaraan pengurai massa V8 Raisa.

(Suara Gratia)Cirebon – Jajaran Kepolisian tidak lama lagi akan memiliki kendaraan pengurai massa terbaru. Untuk membubarkan kerumunan massa yang mulai anarkis kendaraan ini dilengkapi pengeras suara dengan kekuatan tertentu. Dampak yang ditimbulkan tidak akan merusak organ tubuh manusia, hanya gangguan yang bersifat sementara, karena volume suara yang dikeluarkan speaker ini sangat memekakan telinga. Sejumlah wilayah sudah merasakan uji coba termasuk Polres Cirebon Kota, rencananya seluruh Polsek dan Polres di Indonesia akan menggunakannya.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Mabes Polri, Kombes Teguh Budi Prasojo mengatakan, saat ini ada dua unit prototipe kendaraan yang dilengkap speaker untuk membubarkan demonstran, yang diberi nama V8 Raisa.

“V8 Raisa diambil dari nama perusahaan pembuatnya dan kepanjangan dari Raisa yaitu ‘Pengurai Massa’. Saat ini masih dalam tahap uji coba,” katanya, Selasa 24/01/2017, di Polres Cirebon Kota.

Pihaknya belum bisa memastikan kapan kendaraan itu akan digunakan, karena masih menunggu evaluasi dari berbagai unit satuan.

“Kita masih menunggu masukkan dari beberapa unit, kita evaluasi apa saja yang perlu disesuaikan dengan kebutuhan,” ujarnya.

V8 Raisa akan ditempatkan di Polsek-polsek dan Polres yang rawan terjadinya kerusuhan dan demonstrasi.

“Kemungkinan akan kita tempatkan di Polda, tapi kalau di tingkat Polres dan Polresta kerawanannya tinggi, akan kita tempatkan disana,” ujarnya.

Teknisi V8 Raisa, Aan Priyatna mengatakan, kemampuan andalan dari kendaraan pengurai massa ini adalah terletak pada dua unit speakernya yang dapat mengeluarkan suara hingga 158 desibel, sementara batas kemampuan pendengaran manusia pada umumnya sebesar 140 desibel.

“Speaker yang dipasang di V8 Raisa dapat memekakan telinga dengan radius 1,5 km. Gelombangnya tegak lurus energi suaranya mengarah pada satu titik menghasilkan Sound Pressure Level yang sangat tinggi, setara dengan mesin pesawat jet,” terangnya.

Walaupun menghasilkan suara yang sangat kencang dan memkakan telinga, V8 Raisa tidak akan menimbulkan kerusakan pada organ tubuh manusia.

“Hanya akan menimbulkan gangguan sementara pada telinga, tidak akan menimbulkan kecacatan fisik,” pungkasnya.

Sementara, Kapolres Cirebon Kota AKBP Adi Vivid Agustiadi Bachtiar mengungkapkan, ini adalah perlengkapan ke-3 yang akan dimiliki jajarannya, yang berfungsi untuk membubarkan kerumunan massa yang anarkis.

“Selain gas air mata dan water canon, kita akan terjunkan V8 Raisa untuk membubarkan demonstran yang anarkis,” katanya.

Cara kerjanya adalah, ketika kerumunan massa sudah bertindak anarkis maka V8 Raisa akan dibunyikan dengan level suara tertentu.

“Ketika massa sudah mau mulai melempar sesuatu, suara yang dikeluarkan speaker ini akan membuat mereka menutup telinga. Sehingga para demonstran mengurungkan niatnya dan membubarkan diri,” terangnya.(Frans C Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s