Polres Cirebon Kota Tangkap Pencuri Isi Tabung Gas

Petugas mengamankan satu unit truck dan puluhan tabung gas 12 kg daru E pelaku pengurangan takaran isi gas.

Petugas mengamankan satu unit truck dan puluhan tabung gas 12 kg daru E pelaku pengurangan takaran isi gas.

(Suara Gratia)Cirebon – Polres Cirebon Kota menagkap pelaku pengurangan takaran gas di Mundu Kabupaten Cirebon. E (49 Tahun) warga Desa Suci Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon ditangkap di kediamannya, dengan modus mengurangi isi tabung gas 12 kg sebanyak 1 – 1,5 kg. Tersangka dijerat UU Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, dan UU Nomor 2 Tahun 1981 Tentang Metrologi Legal.
Kapolres Cirebon Kota AKBP Adi Vivid Agustiadi Bachtiar mengatakan, pengungkapan kasus ini berawal dari laporan masyarakat mengenai praktik pengurangan isi gas yang dilakukan tersangka di rumahnya.

“Saudara E mengurangi isi gas 12 kg sebanyak 1 – 1,5 kg yang dimasukkan ke dalam tabung kosong kemudian diedarkan dan dijual di wilayah Cirebon,” katanya, Minggu 5/02/2017.
Dari tangan tersangka petugas menyita barang bukti berupa 1 unit truck Toyota Dyna, 80 tabung gas isi 12 kg , 6 tabung bright gas isi 5,5 kg, 4 tabung gas kosong 12 kg, 3 pipa alumunium, dan ratusan seal tutup tabung gas.
“Tersangka sudah melakukan pencurian isi gas selama 10 bulan. Barang bukti kami amankan untuk penyidikan lebih lanjut, karena tidak menutup kemungkinan ada pelaku lainnya yang melakukan hal serupa,” imbuhnya.
Pihaknya mengimbau, bagi masyarakat yang membeli gas 12 kg agar ditimbang terlebih dahulu, timbangan yang tepat adalah seberat 27 kg.
“Jadi, yang 12 kg itu isinya dan 15 kg itu berat tabungnya. Kalau kurang dari itu, bisa dipastikan isinya telah dikurangi,” terangnya.
Sementara E yang juga sopir truck salah satu agen penjualan gas di Cirebon mengaku, sebelum ia mengedarkan gas ke tingkat pengecer, gas-gas tersebut dikurangi takarannya ke dalam tabung kosong yang sudah disiapkan sebelumnya.
“Saya melakukannya sendiri di belakang rumah. Rumah saya juga buka warung dan menjual gas 12 kg,” katanya.
Ia sendiri mendapatkan, segel resmi penutup tabung gas dari tempatnya bekerja, yang digunakan untuk menutup tabung gas hasil curian.
“Sealnya saya ambil dari tempat kerja. Dari delapan tabung gas 12 kg dikurangi isinya masing-masing sekitar 1 – 1,5 kg ke dalam satu tabung kosong, prosesnya membutuhkan waktu 30 detik per tabung,” ungkapnya.(Frans C Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s