Tiga Pejabat Desa dan Pelaku Pungli Lainnya Tertangkap OTT di Kabupaten Cirebon

Barang bukti hasil OTT Tim Saber Pungli Kabupaten Cirebon.
Barang bukti hasil OTT Tim Saber Pungli Kabupaten Cirebon.

(Suara Gratia)Cirebon РTiga pejabat desa di Desa Guwa Lor, Kecamatan Kaliwedi, Kabupaten Cirebon, tertangkap Operasi Tangkap Tangan (OTT) tim Saber Pungli Kabupaten Cirebon. Ketiganya adalah Kepala Desa HM, Kepala Dusun, AM dan Bendahara Desa J. Diduga memungut secara liar (pungli) program proyek operasi nasional agraria (Prona), yakni pelayanan pendaftaran tanah yang sederhana, mudah, cepat, dan murah, untuk penerbitan sertifikat/tanda bukti hak atas tanah.Kapolres Cirebon Kabupaten AKBP Risto Samodra mengungkapkan, dari para terduga, tim mengamankan sejumlah barang bukti berupa catatan pemohon prona, PBB, dan uang tunai Rp 500 ribu.

“Awalnya kadus yang diamankan dalam OTT, kemudian Bendahara Desa. Dari situ, setelah dimintai keterangan terungkap uang hasil pungutan program prona Rp 2 juta disetorkan kepada Kuwu Guwa Lor,” katanya, Selasa 7/02/2017.
Selain itu, tim saber pungli dengan Back up Operasi Timur Satuan Reskrim Polres Cirebon Kabupaten, juga mengamankan pelaku pungli terhadap bus di simpang empat Cipeje, Lemahabang, Kabupaten Cirebon.
Risto menyebutkan, pelaku berinisial Sr, warga Kelurahan Curug Wetan, Kecamatan Susukanlebak, Kabupaten Cirebon, setiap hari di simpang empat Cipeje, menarik uang dari setiap bus yang melintas dengan kisaran Rp 2 ribu – Rp 20 ribu.
“Dia melakukannya sejak pukul 06.00 hingga 11.00 WIB,” ujar Risto.
Kepada petugas, Sr beralasan, pemungutan uang dilakukannya karena ada sembilan bus yang meminjam uang kepada oknum anggota di Susukanlebak. Pelaku kemudian menarik pungutan dari kesembilan bus itu dengan kisaran Rp50 ribu-Rp100 ribu setiap harinya, tergantung besaran pinjaman.
Uang itu selanjutnya disetorkan kepada oknum anggota dimaksud setiap minggu. Terkait keterlibatan anggota sebagaimana pengakuan Sr, Risto meyakinkan, akan mendalaminya.
“Keterangan itu akan didalami, baik keterkaitan anggota Polri dalam kegiatan ilegal ini maupun modusnya,” tegasnya.
Dari tangan Sr sendiri petugas mengamankan sejumlah barang bukti di antaranya uang Rp 1.139.000, dua unit handphone, dan buku catatan.(Frans C Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s