Kabupaten Cirebon Kekurangan Vaksin Flu Burung

Petugas dari Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon memeriksa unggas di kandang milik warga Desa Pangenan.

(Suara Gratia)Cirebon – Jumlah vaksin flu burung di Kabupaten Cirebon tidak imbang dengan jumlah populasi unggasnya. Menurut data di Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon, populasi unggas sebanyak 3 juta ekor sedangkan jumlah vaksin yang disalurkan sebanyak 75 ribu.
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon, Ali Efendi mengaku, jumlah vaksin tidak sebanding dengan jumlah populasi unggas yang mencapai 3 juta ekor.
“Tahun 2017 kita akan menyalurkan vaksin sebanyak 75 ribu. Itu pun hanya untuk masyarakat yang menggunakan metode pembuatan kandang. Unggas yang kategori tidak dikandang atau liar terpaksa tidak kami vaksin,” katanya, saat meninjau unggas di Desa Pangenan Kabupaten Cirebon, Selasa 7/03/2017.
Kondisi ini menjadikan Kabupaten Cirebon rawan penyebaran flu burung. Ditambah, belum semua masyarakat di Kabupaten Cirebon sadar lingkungan dan dampak pemeliharaan unggas.
“Banyaknya jumlah peternak di Kabupaten Cirebon menjadi rawan atas penyebaran virus ini. Apalagi mereka belum memiliki perhatian mengenai masalah sanitasi yang baik dan pentingnya pemberian vaksin,” ujarnya.
Belakangan Kabupaten Cirebon tengah digegerkan dengan maraknya wabah flu burung. Bahkan dikabarkan, salah seorang warga setempat bernama Tono meninggal karena diduga terkena flu burung.
“Setelah kami periksa semua ayam yang dipelihara korban di sekitar rumahnya, hasilnya negatif,” katanya.
Namun, saat dilakukan pengecekan di kandang itik yang lokasinya sekiar 400 meter dari rumah korban hasilnya 105 ekor itik positif terkena flu burung.
“Hasil tes kemarin yang kami catat dari 500 ekor itik sebanyak 105 ekor yang positif dan sudah dimusnahkan. Untuk ayam negatif dan kami masih menungga hasil pemeriksaan dari Bandung,” terangnya.(Frans C Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s