PLTU Cirebon Jemput Bola Layani Kesehatan Warga Sekitar

Warga Kanci Kulon Kabupaten Cirebon, tengah memeriksakan kesehatannya di program pengobatan gratis PLTU Cirebon.

(Suara Gratia)Cirebon – Sedikitnya 724 warga Desa Kanci Kulon Kabupaten Cirebon, mendapat pengobatan gratis. Pengobatan yang diberikan warga secara cuma-cuma ini, meliputi pemeriksaan kesehatan umum, didukung oleh 4 orang dokter dan 11 perawat serta petugas farmasi. Tidak hanya pemeriksaan kesehatan saja, pengobatan gratis yang digagas oleh Cirebon Power (PLTU Cirebon) bekerjasama dengan Universitas Swadaya Gunungjati (Unswagati), juga memberikan obat-obatan gratis dan rujukan ke fasilitas kesehatan yang lebih lengkap jika warga mengalami sakit berat.

Corporate Communication Cirebon Power, Yuda mengatakan, kebanyakan yang memeriksakan kesehatan adalah anak-anak dan kaum lanjut usia yang umumnya mengeluhkan gangguan kesehatan seperti Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan Mialgia atau rasa nyeri pada persendian otot, serta reumatik.
“Pengobatan gratis yang kita adakan mendapat antusiasme yang tinggi dari masyarakat. Kita jemput bola ke warga sekitar untuk memberikan layanan kesehatan,” katanya, Jumat 24/03/2017.
Head of CSR Cirebon Power, Hafid Saptandito mengungkapkan, kegiatan ini adalah bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) bidang kesehatan. Yang dilakukan dua kali setiap tahun di seluruh desa yang ada di sekitar PLTU Cirebon.
“Program ini rutin kami lakukan sejak tahun 2013 lalu,” katanya.
Selain pengobatan gratis, pihaknya juga membangun sarana dan prasarana kesehatan di desa-desa sekitar.
“Selain itu, kami juga merenovasi Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) di beberapa desa, dan menyediakan fasilitas ambulance untuk warga,” tuturnya.
Sementara, salah seorang warga Kanci Kulon, Karmi (65 tahun) merasa terbantu dengan program layanan kesehatan gratis ini. Karena, jarak dari rumah ke fasilitas kesehatan cukup jauh, belum lagi ongkos untuk angkutasn umum ia pun tidak punya.
“Saya dengar pengumuman ada pengobatan gratis. Saya langsung datang supaya reumatiknya sembuh,” katanya.(Frans C Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s