TMMD ke-98 Membangun Indonesia dari Pinggiran

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, memeriksa kesiapan personel dalam apel pembukaan TMMD di Kabupaten Indramayu.

(Suara Gratia)Cirebon – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan secara resmi membuka program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-98, di Desa Dadap Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu. Sebanyak 250 personel gabungan terdiri TNI, Pemda, dan unsur masyarakat diterjunkan, untuk membangun Desa di 5 Kabupaten di Jawa Barat yakni Tasikmalaya, Purwakarta, Subang, Bogor, dan Kabupaten Bekasi.
Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengatakan, TMMD dilaksanakan kurang lebih selama satu bulan dengan 14 sasaran fisik dan 19 sasaran non fisik.

“TMMD akan dilaksanakan selama 30 hari dari 5 April sampai 4 Mei 2017. Dengan sasaran fisik meliputi pembangunan jalan, rehabilitasi jembatan, penerangan jalan umum, rehab bangunan sekolah dasar. Yang non fisik seperti penyuluhan HIV AIDS, pelayanan Keluarga Berencana, pembinaan usaha ekonomi, pelatihan otomotif, dan lainnya,” katanya, ditemui usai membuka TMMD ke-98 di Kabupaten Indramayu, Rabu 5/04/2017.
Ia menjelaskan, program TMMD merupakan upaya untuk menembus keterisolasian suatu wilayah dan masyarakat, serta semangat pemerintah untuk membangkitkan kembali pembangunan Indonesia dari daerah pinggiran.
“Program TMMD merupakan keterpaduan antara TNI dan Pemerintah yang dilaksanakan bersama-sama dengan masyarakat sebagai perwujudan kemanunggalan,” pungkasnya.
Sementara, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI M. Herindra mengatakan, progres pembangunan desa dalam program TMMD selanjutnya akan diawasi dan di evaluasi oleh masyarakat setempat.
“Setelah TMMD ini selesai pemeliharaan dan pemantauannya kita serahkan kepada Pemda setempat dan masyarakat. Supaya Desa yang sudah dibangun bisa bertahan lama,” katanya.
Menurutnya, kriteria yang menjadi sasaran program TMMD harus mememuhi beberapa unsur diantaranya adalah daerahnya terisolir, daerah kumuh, dan daerah yang tertinggal.
“Untuk daerah mana yang menjadi sasaran kita bekerjasama dengan Pemerintah Daerah dan kita minta masukkan dari sana,” ungkapnya.(Frans C Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s