Simfoni Tarling, Persembahan Seniman Cirebon untuk Nusantara

Penampilan Simfoni Tarling di gedung Graha Bakti Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

(Suara Gratia)Cirebon – Majelis Seni dan Tradisi (MeSTi) Cirebon menghadirkan Simfoni Tarling sebagai pertunjukan akbar nasional di gedung Graha Bakti Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta, (7-8/04/2017). Simfoni Tarling mempersembahkan musik karakter khas sebagai bentuk persembahan dari Cirebon untuk Nusantara.
Sejumlah maestro tarling di setiap zamannya, Mama Jana, Hj. Uun Kurniasih, Hj. Ningsih, Nunung Alvi dan Diana Sastra, mereka menyuguhkan penampilan terbaiknya. Pertunjukan Simfoni Tarling sendiri, diiringi oleh Tabuhan Nusantara Ethnic Orchestra dibawah Conductor Kang Oeblet.
Sutradara Simfoni Tarling, Dedi Kampleng mengatakan, gagasan dari pertunjukan Simfoni Tarling ini lahir dari latar belakang Cirebon yang memiliki kekayaan seni, tradisi dan budaya.
“Inspirasi tersebut menjadi proyeksi artistik yang melahirkan gagasan untuk senantiasa melestarikan, mengembangkan dalam melakukan proses penciptaan karya baru,” katanya, Sabtu 8/04/2017.
Ia melanjutkan, pertunjukan Simfoni Tarling bukan hanya sekedar pertunjukan, melainkan dalam upaya menghadirkan musik bersejarah, khususnya perkembangan musik tarling dengan suguhan panggung, tata artistik modern.
“Mereka menampilkan perpaduan pagelaran seni tari, seni sastra yang juga divisualisasikan dengan multimedia. Para pemain yang terlibat berkaloborasi dengan musik modern orkestra serta musik tarling khas Cirebon,” terangnya.
Menurutnya, pementasan tarling tidak semata berfokus pada nada dan musik, namun juga teks-teks di setiap bait syair lagu menjadi kidung atau lagu yang merupakan sarana berkomunkasi dengan masyarakat.
“Potensi seni daerah khususnya pada Simfoni Tarling ini, merupakan perpaduan tarling klasik dengan tabuhan nusantara yang dikemas menarik dan kekinian tanpa mengurangi nilai-nilai mendasar dari tarling itu sendiri,” ujarnya.
Hal yang paling menginspirasi pementasan seni musik daerah ini adalah, mempertahankan seni musik khas Cirebon di tengah derasnya gempuran pertunjukan seni musik, baik yang datang dari barat maupun industri musik dalam negeri.
“Sebagai bentuk ikhtiar, persembahan Simfoni Tarling bukan semata milik masyarakat Cirebon, akan tetapi lebih pada ingin mengenalkan musik tradisi khas Cirebon kepada khalayak senusantara,” tutupnya.(Frans C Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s