Tahun Depan Pemerintah akan Menaikkan Dana Desa

Mendes PDTT Eko Putra Sandjojo, di Desa Pabedilan Kaler Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon.

(Suara Gratia)Cirebon – Peresiden RI Joko Widodo melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) akan menaikkan alokasi Dana Desa (DD) di tahun 2018, sebesar 100 persen. Sejak tahun 1015 DD mengalami kenaikan, di tahun 2017 pemerintah mengalokasikan DD sebesar Rp 60 triliun.
Hal itu diungkapkan Mendes PDTT, Eko Putra Sandjojo saat bertatap muka dengam bidan desa di Desa Pabedilan Kaler Kecamatan Pabedilan, Kabupaten Cirebon, Jumat (28/04/2017). 

Eko menyebutkan, tahun ini pemerintah hanya mengalokasikan DD sebesar Rp 60 triliun, sehingga masing-masing desa rata-rata mendapatkan Rp 800 juta.
“Tahun depan dinaikkan menjadi Rp 120 triliun. Desa juga bisa mendapatkan Rp1,6 miliar. Ditambah dengan Anggaran Dana Desa (ADD) dari pemerintah daerah dan provinsinya masing-masing,” papar Eko.
Menurutnya, kenaikkan DD merupakan bentuk kepedulian Presiden terhadap masyarakat desa, sehingga terjadi akselerasi pembangunan.
“Presiden melihat dana desa ini efektif dalam memberdayakan masyarakat desa. Meningkatkan infrastruktur desa, dan meningkatkan pendapatan masyarakat,” pungkasnya.
Eko mengatakan, penyerapan DD pada tahun 2016 lalu mencapai 99,8 persen. Sedangkan, tahun sebelumnya hanya hanya mencapai 80 persen.
“Penyerapan DD dari tahun ke tahun terus menunjukkan angka yang diharapkan,” imbuhnya.
DD bisa dinaikkan bagi desa yang mengikuti aturan dan tertib dalam administrasinya.
“Bagi desa yang tidak tertib mengikuti aturan, maka DD tidak naik. Oleh karena itu masyarakat dan aparat desa harus betul-betul bersinergi menggunakan dana desa dengan baik,” ujarnya.(Frans C Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s