Kebun Raya Kuningan Beroperasi Mulai November

Ilustrasi. Hutan Kota Mayasih. (Foto: Agus Panther/Radar Kuningan)

(Suara Gratia)Cirebon – Pemerintah Kabupaten Kuningan akan meresmikan Kebun Raya Kuningan (KRK) pada minggu ketiga bulan November mendatang. Peresmian ini awalnya akan dilakukan sebelum bulan November. Namun karena pembangunan fasilitas pendukung di KRK tersebut belum selesai, akhirnya Pemkab Kuningan memutuskan untuk meresmikannya di minggu ketiga bulan November setelah sebelumnya berkonsultasi dengan Bupati Kuningan, Acep Purnama.

“Ini (peresmian KRK) sudah final. Minggu ketiga November, Kebun Raya Kuningan bisa dikunjungi oleh masyarakat dan wisatawan. Kalau sebelum November dibuka, pembangunan fasilitasnya belum sepenuhnya rampung,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Amirudin seperti yang dilansir dari radarcirebon.com, hari Senin (8/5) di Kuningan.

Dengan demikian, wisatawan dan masyarakat sekitar Kuningan belum bisa menikmati KRK di Hari Raya Idul Fitri yang berada di Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan.

KRK, lanjut dia, diharapkan dapat menambah pendapatan asli daerah (PAD) yang besar. Apalagi lokasinya sangat strategis dan mudah diakses dari wilayah Cirebon dan Majalengka.

“KRK akan menjadi ikon baru Kabupaten Kuningan. Dengan panorama alam yang luar biasa ditambah mudahnya akses, tentu membuat wisatawan berbondong-bondong untuk berkunjung. Apalagi fasilitasnya juga representatif,” kata dia.

Selain KRK, pihaknya juga akan mengembangkan Hutan Kota Mayasih yang berada di Kelurahan/Kecamatan Cigugur. Misalnya, pembangunan fasilitas dan penanaman pohon di sekitar lokasi hutan kota.

“Untuk penataan membutuhkan anggaran tidak sedikit. Baik itu kebun raya maupun Hutan Kota Mayasih. Tapi sekarang, Hutan Kota Mayasih sudah menjadi destinasi wisata baru bagi masyarakat. Apalagi tiket masuknya cukup murah yakni Rp 5.000. Penataan itu dilakukan secara bertahap sesuai anggaran yang ada,” kata dia. (Diah)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s