Cara Jitu Dapatkan Investor di Bisnis Startup

Pemilik bisnis rintisan jejaring sosial buatan lokal, Kwikku, Ifa-Alif (kiri). (Foto: Bekraf)

(Suara Gratia) Cirebon – Bisnis rintisan atau startup kini sudah menjamur di seluruh dunia. Untuk mengembangkan bisnis rintisan ini memang perlu investasi yang besar dari pemilik modal. Tak jarang, bisnis rintisan pun berhenti di tengah jalan karena kehabisan modal.
Salah satu pemilik bisnis rintisan jejaring sosial buatan lokal, Kwikku, Ifa-Alif, mengatakan passion saja tidak cukup untuk membuat usaha rintisan ini tetap berlanjut. Upaya lain yang dapat dilakukan adalah dengan mengerjakan proyek lain untuk mendapatkan dana, yang dia sebut dengan bootstrapping. Selain itu, dia juga terus melakukan pengembangan produk.

Kemudian, selama satu atau dua tahun, disarankan fokus pada pengelolaan bisnis, validasi ide melalui pengembangan produk, tim dan promosi.
Menurut dia, Indonesia berpotensi maju di bidang teknologi karena memiliki sumber daya yang tak kalah dari negara lain.
“Talent-talent sudah ada, startup tidak hanya mengandalkan investor, tapi juga berharap investasi dari Pemerintah,” kata dia dalam keterangan resminya di Cirebon, hari Selasa (9/5) lalu.
Cara lain yang bisa dilakukan adalah membuka jaringan dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Sesuai dengan pengalamannya, Bekraf akan membantu mencari investor yang tepat.
“Bekraf memfasilitasi pertemuan startup yang dilirik investor dengan harapan kesepakatan antara investor dan startup jejaring Bekraf. Saya melihat Kwikku sebagai startup potensial saat menjadi juri dan mentor Startup Pitch Day Roadshow Malang. Kwikku bisa memanfaatkan intermediasi Bekraf dengan baik,” kata Direktur Akses Non Perbankan Bekraf Sugeng Santoso.
Selain itu, dia menyarankan agar pebisnis jangan menganggap investor sebagai mesin uang.
“Rajin hubungi investor, diskusi dan bangun relasi yang baik,” kata Alif. (Diah A.R)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s