Jelang Ramadan, Harga Bahan Pokok Merangkak Naik

Pedagang daging ayam sedang melayani pembeli, , Selasa (9/5). Harga jual daging ayam diprediksi akan naik minimal 10 persen jelang Ramadan. (Foto:Okri Ryana/Radar Cirebon)

(Suara Gratia) Cirebon – Menjelang bulan puasa, harga bahan pokok khususnya daging mulai merangkak naik hingga mencapai 10 persen. Bahkan, kenaikan harga tersebut diprediksi lebih tinggi lagi menjelang Hari Raya Idul Fitri.

“Daging sapi itu dari lebaran tahun kemarin nggak turun lagi. Harganya masih Rp120.000, ya kalau sekarang Ramadan dan Lebaran ya pasti naik lagi,” ujar pedagang daging di Pasar Jagasatru, Yunus (46), Selasa (9/5/2017) seperti dilansir dari radarcirebon.com.

Sesuai dengan data yang diambil dari priangan.com, harga daging sapi di pasaran saat ini adalah Rp 120.000. Harga tersebut adalah harga puncak saat lebaran tahun lalu dan tak berubah hingga saat ini.

Kenaikan harga komoditas setelah Idul Fitri tersebut seolah menjadi patokan baru yang membuat harga tak kunjung turun meskipun permintaan di pasaran sudah ikut turun.

Selain di Cirebon, kenaikan harga komoditas juga terjadi di Kabupaten Majalengka. Misalnya daging ayam.

“Harga daging ayam potong mulai naik dari Rp 28.000 per kg menjadi Rp 32.000 per kg dan telur ayam dari Rp 16.500 menjadi Rp 19.500 per kg,” kata Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Majalengka, Raden Muhammad Umar Ma’ruf.

“Sedangkan untuk daging sapi dilaporkan masih stabil di angka Rp 100.000 sampai Rp 110.000 per kg. Kemudian beberapa sayuran naik karena faktor cuaca, sehingga hasil panen menyusut,” kata dia.

Seorang pedagang lauk pauk, Yati (48) mengaku kenaikan harga komoditas sangat terasa pada telur ayam dan daging ayam serta sejumlah sayuran. Jika sayuran sudah mulai naik lebih dulu, giliran telur ayam dan daging ayam menyusul.

Dia khawatir harga kebutuhan diperkirakan akan terus naik setiap pekan. Seperti bulan puasa tahun-tahun sebelumnya, sejumlah harga selalu menjadi langganan naik.

“Saat awal puasa memang biasanya harga belum naik. Namun kemudian setiap minggu ada beberapa bahan pangan yang akan mengalami kenaikan, karena terjadi peningkatan permintaan dari masyarakat,” kata Yati. (Diah A.R)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s