Ini Langkah Kota Cirebon Kendalikan Harga Sembako Jelang Lebaran

Kapolres Cirebon Kota AKBP Adi Vivid Agustiadi Bachtiar dan jajaran, memantau kenaikan harga kebutujan pokok di Pasar Jagasatru.

(Suara Gratia)Cirebon – Menjelang Ramadhan, Satgas Pangan Polres Cirebon Kota dan Bulog Sub Divre Cirebon siap kendalikan harga sembako. Satgas pangan, akan mencari dan menelusuri siapa dan apa penyebab terjadinya kenaikan harga, sementara Bulog Cirebon hingga Lebaran nanti akan menggelar operasi pasar di kantor bulog dan seluruh gudang Bulog wilayah Cirebon.

Kapolres Cirebon Kota AKBP Adi Vivid Agustiadi Bachtiar menyatakan, siap menangkap dan memproses hukum bagi penimbun bahan makanan pokok menjelang Ramadhan.
“Kalau terjadi kenaikan harga cukup signifikan, akan kita telusuri dari pasar hingga ke distributor. Apakah karena stoknya kurang, pengirimannya terlambat atau terjadi penimbunan-penimbunan,” katanya, Selasa 16/05/2017 ditemui setelah inspeksi mendadak di Pasar Jagasatru Cirebon.
Ia mengaku, hingga kini kenaikan harga kebutuhan pokok masih dalam tingkat kewajaran.
“Setelah kita cek secara umum di pasar kenaikan harganya masih normal. Bawang putih naik Rp 15 ribu, harga telur naik sekitar Rp 3 ribu, dan daging ayam naik sekitar Rp 4 ribu,” terangnya.
Terpisah, Kepala Seksi Komersil Bulog Sub Divre Cirebon Zaenal mengatakan, hingga Lebaran pasar murah akan digelar di kantor bulog dengan menyediakan empat komoditi utama dengan harga dibawah pasaran.
“Setiap hari kita buka operasi pasar. Komoditas yang kami jual adalah beras kelas Premium seharga Rp 8.800/kg, kelas Medium Rp 7.900/kg, gula pasir Rp 12.500/kg, minyak goreng Rp 12.500/kg, dan daging sapi Rp 85.000/kg,” katanya.
Selain keempat komoditi tersebut, minggu ini Bulog pun berencana melengkapi ketersediaan komoditi lain yakni bawang merah, bawang putih, dan cabai.
“Untuk bawang putih dan lainnya kita peroleh dari pusat dan harganya juga yang menentukan dari pusat,” imbuhnya.
Selain itu, pihaknya siap memenuhi permintaan Pemerintah Daerah untuk menggelar operasi pasar (OP).
“Kabupaten Kuningan kemarin sudah di acara car free day. Rencananya dalam waktu dekat Pemkab Cirebon dan Pemkot Cirebon juga akan menggelar OP. Berapapun permintaannya kita siap,” tuturnya.(Frans C Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s