Tahun 2045 Indonesia Jadi Lumbung Pangan Dunia

Pencanangan perluasan lahan pertanian di Desa Suranenggala Kabupaten Cirebon.

(Suara Gratia)Cirebon – Dengan potensi luas wilayah pertanian yang ada, pemerintah menargetkan Indonesia jadi lumbung pangan dunia pada tahun 2045. Target yang dicanangkan dalam waktu 28 tahun kedepan itu sendiri, bertepatan dengan 100 tahun Indonesia. Karena, menurut Wakil Ketua DPR RI Komisi IV Herman Khaeron, saat itu Indonesia memasuki tahun keemasan, dimana hasil panen dan pangan sangat melimpah.
“Yang didorong pemerintah adalah di tahun Indonesia emas yaitu tahun 2045 Indonesia menjadi lumbung pangan dunia. Karena di tahun itu Indonesia memasuki usianya yang ke-100,” katanya, ditemui dalam program perluasan areal pertanian di Kecamatan Suranenggala Kabupaten Cirebon, Rabu 17/05/2017.
Namun, ia tidak menampik jika target itu tanpa tantangan. Menurutnya, tantangan kedepan adalah teknologi pertanian perlu ditingkatkan, kesejahteraan petani, dan percepatan masa panen.
“Tantangannya tentu banyak. Namun ini akan menjadi semangat buat kita,” ujarnya.
Ia optimis target itu tercapai, karena Indonesia merupakan daerah tropis yang memiliki potenis pertanian sangat melimpah.
“Kita ini tinggal di daerah tropis yang setiap saat bisa menghasilkan dan memproduksi hasil pertanian,” imbuhnya.
Sementara, Dirjen Sarana dan Prasarana Kementerian Pertanian Pending Dadih Permana mengatakan, Indonesia selalu surplus dalam memenuhi target hasil pertanian.
“Tahun 2016 hasil pertanian ditargetkan sebanyak 79 juta ton. Kita sudah mencapai 79,6 juta ton. Dan tahun 2017 ini kita targetkan 85 juta ton,” tuturnya.(Frans C Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s