Angkut Penumpang Lebaran 2017, PT KAI Tambah Jumlah Tempat Duduk

Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro di Cirebon.

(Suara Gratia)Cirebon – Menjelang masa arus mudik 2017 PT Kereta Api Indonesia (KAI) menambah jumlah tempat duduk. Karena diperkirakan jumlah penumpang mengalami kenaikan sebanyak 5 persen. Dengan demikian, PT KAI menyiapkan sedikitnya 228 ribu tempat duduk/hari untuk mengangkut calon penumpang selama masa arus mudik dan balik 2017.

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan, pihaknya akan menambah jumlah tempat duduk sebanyak 217 ribu per hari yang disiagakan selama masa arus mudik Lebaran pada H-10 hingga H+10.

“Ketersediaan tempat duduk pada angkutan lebaran tahun ini lebih banyak atau naik sekitar 5% dibanding 2016 yaitu sejumlah 217 ribu tempat duduk/hari,” katanya di sela pengecekan jalur mudik lebaran di Stasiun Cirebon, Senin 22/05/2017.
Selama operasi lebaran, seluruh karyawan kereta api diwajibkan bersiaga dan untuk sementara selama masa angkutan lebaran tidak diberi izin cuti.
“Kita semua siaga, demi memberi pelayanan agar perjalanan arus mudik dan balik tahun ini aman dan lancar,” imbuhnya.
Selain menambah jumlah tempat duduk, pihaknya mewaspadai kerawanan yang disebabkan oleh alam yakni banjir dan tanah longsor yang belakangan kerap terjadi karena faktor cuaca.
“Selain alam, kerawanan lain yang juga kami antisipasi dari sisi keamanan, seperti pelemparan batu hingga tindakan lain yang terlihat seperti sabotase. Oleh karena itu, kami menempatkan petugas di daerah rawan yang bersiaga selama 24 jam,” katanya.
Dia pun menganjurkan masyarakat yang hendak mudik untuk memanfaatkan moda transportasi kereta api, dibanding mengendarai sepeda motor demi keamanan.
“Tahun ini, Kementerian Perhubungan menyediakan kuota 17 ribu -18 ribu unit untuk angkutan sepeda motor gratis. Sekarang sudah tercatat 15 ribu,” tuturnya.
Pengecekan yang dilakukan jajaran direksi PT KAI sendiri, berlangsung selama tiga hari ke depan. Jalur KA diklaim dalam kondisi baik dan siap dilalui selama masa angkutan lebaran 2017.
“Semua jalur dalam kondisi baik, kereta api bisa berjalan 100 km/jam dengan fasilitas di stasiun yang telah lengkap,” tutupnya.(Frans C Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s