Pilkada Cirebon Digelar 27 Juni 2018

 

Ketua KPUD Cirebon, Emirzal Hamdani (kedua kanan) saat melakukan sosialisasi tahapan pilkada Cirebon pada Juni 2018 mendatang di Kantor KPUD Cirebon, hari Rabu (24/5/2017). (Foto: Diah A.R)

(Suara Gratia) Cirebon – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Cirebon menyatakan pemilihan wali kota dan wakil wali kota Cirebon akan digelar pada 27 Juni 2018. Konsep tahapan Pilkada juga mulai disosialisasikan oleh KPU kepada awak media, perwakilan partai politik dan calon perseorangan.

“Perkiraan kami sosialisasi akan masuk pada bulan Juni 2017. Jadi bulan Mei sudah mulai untuk memiliki persepsi yang sama dalam peraturan perundang-undangan. Untuk saat ini, agenda Pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon akan digelar pada 27 Juni 2018 yang jatuh pada hari Rabu,” kata Ketua Komisioner KPUD Cirebon Emirzal Hamdani di Kantor KPUD Cirebon, hari Rabu (24/5/2017).

Hari Rabu memang sengaja dipilih agar partisipasi masyarakat semakin tinggi. Beda halnya bila akhir pekan, Emirzal khawatir masyarakat cenderung memilih berlibur ketimbang menggunakan hak suaranya di bilik pemungutan suara.

Emirzal mengatakan tahapan sosialisasi akan dilaksanakan pada tanggal 14 Juni 2017, kemudian pembentukan penyelenggaraan pemilu ad hoc pada bulan September. Pada bulan November hingga April 2018 penetapan daftar pemilih tetap (DPT).

Emirzal mengakui penetapan DPT ini memang membutuhkan waktu yang lama hingga enam bulan agar data yang diterima benar-benar akurat. Dia juga mengimbau kepada partai politik dan calon perseorangan untuk memastikan konstituen masing-masing sudah memiliki KTP elektronik (e-KTP) atau surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Pengumuman pendaftaran pasangan calon (paslon) melalui media massa dan papan pengumuman dan/atau laman KPU Provinsi atau KPU Kabupaten Kota akan digelar pada tanggal 24-30 Januari 2018 mendatang. Sedangkan masa pendaftaran paslon akan berlangsung pada tanggal 31 Januari – 2 Februari 2018.

Kemudian masa kampanye akan dimulai pada tanggal 8 Maret – 23 Juni 2018. Debat publik, kata Emirzal, termasuk dalam masa kampanye. Setelah itu rekapitulasi surat suara akan dimulai dari kecamatan dan seandainya tidak ada gugatan di Mahkamah Konstitusi, penetapan paslon terpilih diadakan pada bulan Juli 2018.

Namun, dia menekankan bahwa tanggal tahapan tersebut sewaktu-waktu bisa berubah tergantung dari KPU pusat. Teknisnya, KPUD Cirebon akan menyesuaikan jadwal dengan instruksi dari pusat. (Diah A.R)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s