Polres Cirebon Kota Gagalkan Penjualan Gula Oplosan

Petugas memeriksa barang bukti gula rafinasi di Mapolresta.

(Suara Gratia)Cirebon – Satgas Pangan Polres Cirebon Kota, menangkap pengedar dan pengoplos gula rafinasi. Pada Jumat 19 Mei 2017 lalu, tim satgas menggerebek gudang sekaligus tempat produksi oplosan gula rafinasi dengan gula lokal di Kampung Dukuh Semar Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon. Dari tangan tersangka petugas mengamankan sejumlah barang bukti yakni 50 kg gula rafinasi, 50 kg gula lokal, 300 kg gula oplosan siap jual, dan 3 ton gula rafinasi dan gula lokal yang belum di oplos.

Kapolres Cirebon Kota AKBP Adi Vivid Agustiadi Bachtiar mengatakan, modus pelaku adalah mencampur gula lokal dengan gula rafinasi dan dijual dengan harga dibawah pasaran.
“Tersangka menjual gula oplosan di Wilayah Kuningan, Majalengka, Indramayu. Gula ini tidak dijual di Kota Cirebon, dengan selisih harga Rp 6 ribu dibawah harga pasaran,” katanya, Jumat 26/05/2017.
Saat dilakukan penggerebekan, tersangka dan pegawai tengah mengoplos gula, sejumlah barang bukti diamankan termasuk gula yang tersimpan di dalam gudang.
“Barang bukti kita amankan termasuk gula rafinasi dan gula lokal yang belum di oplos di dalam gudang sebanyak 3 ton,” katanya
Ia menjelaskan, sebenarnya pelaku adalah pemilik pabrik gula batu, namun demi mendapatkan keuntungan besar proses pembuatannya dicampur dengan gula rafinasi.
“Motif pelaku ingin mendapatkan keutungan yang besar, sehingga mencampur gula rafinasi. Karena nilai ekonomianya lebih tinggi kalau dia mengoplos,” terangnya.
Pelaku dikenakan Pasal 8 ayat 1 UU Nomor 8 tahun 1999 dengan total ancaman hukuman penjara selama lima tahun dan denda sebesar Rp 5 miliar.
“Tersangka kita kenakan pasal perlindungan konsumen,” ujarnya.
Sementara, pelaku berinisial S mengaku, menjalankan bisnis terlarangnya ini selama enam bulan dengan memperkerjakan sebanyak 15 orang pegawai.
“Sudah enam bulan menjual gula,” katanya.(Frans C Mokalu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s