Pemkot Cirebon Buat Perda Bantuan Hukum Bagi Warga Miskin

Ilustrasi. Pengacara. (Foto: Istimewa)

(Suara Gratia) Cirebon – Pemerintah Kota Cirebon telah membuat peraturan daerah tentang perlindungan atau bantuan hukum terhadap masyarakat miskin. Wali Kota Cirebon Nasrudin Azis berharap perda ini akan menjamin keadilan yang dapat dirasakan bagi warga kurang mampu.

“Keadilan itu bukan hanya milik orang kaya, melainkan keadilan itu harus dimiliki dan dirasakan oleh semua individu termasuk orang yang tidak berkecukupan,” kata Nasrudin di Gedung DPRD Kota Cirebon, hari Jumat (2/6) seperti yang dilansir dari Fajar Cirebon.

Intinya, lanjut dia, perda ini memberikan advokasi kepada masyarakat miskin yang membutuhkan sebuah keadilan tanpa dibebani biaya.

Untuk mendapatkan akses bantuan hukum secara gratis ini tentu ada kriterianya. Namun, hingga saat ini teknisnya masih dibahas panitia khusus DPRD.

Dia mengungkapkan, semangat dibuatnya perda ini adalah karena sering melihat terjadinya ketidakadilan yang dirasakan oleh masyarakat miskin dan ketidakmampuan warga miskin menggunakan jasa penasehat hukum apabila terjerat masalah hukum.

“Orang tidak mampu, tidak bisa menyewa pengacara, maka negara harus hadir. Memang sementara ini ada pengacara negara, nah, Pemkot ini ingin memberikan pelayanan lebih yakni memberikan advokasi secara maksimal untuk warga tidak mampu.”

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Cirebon Edi Suripno menambahkan bantuan hukum bagi masyarakat kurang mampu akan diperkuat melalui regulasi peraturan daerah yang baru akan dirancang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s