Puskesmas Kesunean Jadi Percontohan Ramah Anak

Ilustrasi: Puskesmas. (Foto: Istimewa)

(Suara Gratia) Cirebon – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kesunean di Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon menjadi percontohan puskesmas ramah anak. Masyarakat di kelurahan tersebut diharapkan bisa mendapat pelayanan kesehatan yang maksimal, terutama untuk anak-anak.

Saat ini, Kota Cirebon sedang menjalani penilaian dalam kategori Kota Layak Anak (KLA). Oleh karena itu, Puskesmas Kesunean juga berbenah diri dalam menghadapi verifikasi dari tim verifikasi Kota Layak Anak (KLA) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Republik Indonesia.

Kepala Puskesmas Kesunean Junny Setyawati mengatakan pihaknya mewujudkan pelayanan kesehatan yang maksimal kepada anak.

“Sesuai dengan Undang-Undang nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, maka kammi jadikan puskesmas sebagai salah satu tempat edukasi dan bermain anak. Kami canangkan puskesmas ramah anak,” kata Junny seperti yang dikutip dari Rakyat Cirebon, hari Minggu (4/6).

Suasana Puskesmas Kesunean, kata dia, mirip dengan taman kanak-kanak (TK). Mulai dari dinding yang ditempel dengan poster-poster imbauan hingga gambar-gambar lucu. Tak hanya itu, puskesmas ini juga dilengkapi dengan arena bermain dan pengawas.

“Selain itu, ada beberapa ruangan yang dikhususkan. Seperti ruangan menyusui, membaca anak dan beberapa ruangan lainnya,” kata Junny.

Sebelumnya, pihaknya juga telah membentuk dan menjalankan program posyandu remaja yang diinisiasi karena keadaan lingkungan yang makin mengkhawatirkan.

“Keadaan di wilayah puskesmas dulu sangat mengkhawatirkan. Angka kenakalannya tinggi dan sebagainya. Tapi, dari situ kita termotivasi untuk bisa menjalankan berbagai program seperti sekarang ini,” kata dia.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s