KAI Daop 3 Rutin Lakukan Pemeriksaan Kereta Jelang Lebaran

Ilustrasi. Stasiun Kejaksan Cirebon. (Foto: Dian)

(Suara Gratia) Cirebon – PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon secara rutin melakukan pemeriksaan kereta. Pemeriksaan kereta dilakukan lebih awal dari biasanya agar tak ada lagi pemeriksaan kereta dalam pelaksanaan arus mudik-balik seperti memeriksa roda, cek pelumas, pendingin ruangan, dan instalasi listrik. Dalam hal ini ada 79 kereta penumpang yang dipercepat pemeriksaannya.

“Pemeriksaan kereta ini masuk pemeriksaan tahunan seperti penggantian pelumas, penyetelan ulang roda, AC, instalasi listrik sehingga keselamatan dan keamanan pemudik bisa terwujud,” kata Manajer Humas KAI Daop 3, Krisbiyantoro di bengkel Kereta KAI Daop 3 Cirebon, hari Senin (12/5).

Program pemeliharaan kereta dibagi tiga kali, yaitu tiga bulan, enam bulan dan satu tahun. Dalam kurun waktu beberapa bulan tersebut, biasanya pihaknya melakukan pengecekan sebanyak 15-20 kereta. Namun, menjelang arus mudik mungkin akan mengalami peningkatan.

Kepala Depo Kereta KAI Daop 3 Cirebon, Anang Abdillah menjelaskan program pemeliharaan kereta diajukan sebelum arus mudik sehingga ketika sudah masuk masa angkutan lebaran tidak perlu lagi dilakukan pemeliharaan melainkan hanya pengecekan saja.

“Karena arus mudik-bali bulan Juli, maka sekitar Mei dan Juni alami peningkatan pengecekan kereta,” kata dia seperti yang dilansir dari Fajar Cirebon.

Dia menjelaskan, satu tim yang terdiri dari enam petugas akan menangani satu gerbing dan satu gerbong terdiri dari dua bogie dan satu bodi. Tiga petugas akan mengecek bogie, sedangkan tiga petugas lainnya akan memeriksa bodi.

Selain itu, para petugas akan memeriksa diameter roda, jarak keping roda maksimal 1000 mm plus minusnya satu dan lebar rel atau jalur 1067 mm. Apabila ada yang menyimpang, kereta akan kembali ke Balai Yasa Mekanika untuk disetel ulang jaraknya.

Saat ini, pihaknya sudah mengganti diameter roda dari delapan kereta, kompresor AC, listrik, pelumas dan beberapa hal lainnya.

Dia juga menyatakan pihaknya sudah menerima kereta baru atau premium pada tahun lalu. Kereta premium tersebut untuk mengganti rangkaian kereta yang sudah berumur 30 tahun. (Dian)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s