Ribuan Warga Cirebon Antusias Tukar Uang Baru Jelang Lebaran

Warga antusias melakukan penukaran uang baru yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia di halaman parkir Masjid At-Taqwa, Kejaksan, Cirebon, hari Selasa (20/6). (Foto: Dian)

(Suara Gratia) Cirebon – Ribuan warga Cirebon terlihat bersemangat untuk melakukan penukaran uang baru menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 H. Hal ini dapat dilihat dari antusias masyarakat yang sudah panjang mengantre di halaman Masjid At-Taqwa, Kejaksan, Cirebon, hari Selasa (20/6).

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap uang baru, Bank Indonesia (BI) sudah menyediakan sekitar Rp 3,1 triliun selama bulan Ramadan. Angka tersebut naik 39 persen bila dibandingkan pada Ramadan tahun lalu yaitu sekitar Rp 2 triliun.

“Sejak hari pertama bulan Ramadan hingga saat ini realisasi penukaran uang baru sudah mencapai 72 persen. Kemungkinan hingga enam hari ke depan akan terealisasi penuh 100 persen. Namun, kami juga menyiapkan dana tambahan sekitar Rp 120 miliar untuk antisipasi jika tidak cukup,” kata Kepala Tim Sistem Pembayaran Bank Indonesia Cirebon, Yukon Afrinaldo kepada Radio Suara Gratia melalui telepon, hari Selasa (20/6).

Dia mengatakan tidak ada ketentuan batas penukaran uang baru. Namun, semuanya akan disesuaikan dengan ketersediaan yang ada. Pada hari Selasa (20/6) sudah ada 1200 nomor antrean yang menukar uang edisi baru.

Aldo, sapaan Yukron mengatakan pecahan favorit masyarakat adalah Rp 5000 dan Rp 10.000 dan yang paling cepat realisasinya adalah pecahan Rp 10.000 yang sudah mencapai 98 persen.

Penukaran uang baru ini sudah berlangsung pada minggu lalu yaitu pada tanggal 13-15 Juni 2017 pukul 08.00-11.00 WIB di lapangan parkir Masjid At-Taqwa. Kemudian dilanjutkan pada tanggal 20-22 Juni 2017 pukul 08.00-11.00 WIB di tempat yang sama. Selain di Cirebon, BI juga melayani penukaran uang di Rest Area KM166 Tol Cipali tepatnya dari arah Jakarta ke Jawa Tengah pada tanggal 21-22 Juni 2017.  (Dian)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s