31 ASN Kota Cirebon Absen di Hari Pertama Kerja

Ilustrasi. Aparatur Sipil Negara (ASN). (Foto: kemendagri.go.id)

(Suara Gratia) Cirebon – Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Cirebon melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah instansi yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Cirebon. Hasilnya, ada 31 aparatur sipil negara (ASN) yang tidak masuk di hari pertama kerja usai libur Lebaran yang cukup panjang.

“Dari 14 SKPD yang kita monitoring, ditemukan 25 ASN tidak masuk tanpa keterangan. Secara keseluruhan ada 31 ASN yang tidak masuk, tapi di luar 25 orang itu terdapat alasan, misalnya izin atau sakit,” kata Kepala BKPPD Kota Cirebon, Anwar Sanusi di Cirebon, hari Senin (3/7).

Sidak yang dilakukan bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Asep Dedi adalah salah satu upaya untuk mengingatkan kewajiban ASN sebagai pelayan masyarakat. Apalagi, di hari pertama masuk kerja bertepatan dengan pencairan gaji bulanan.

Jumlah ASN yang absen di hari pertama kerja adalah 31 orang terdiri dari cuti sakit sebanyak dua orang, tanpa keterangan 25 orang, izin cuti tambahan tiga orang dan cuti bersalin satu orang.

Anwar menyatakan pihaknya sudah meminta kepala instansi pemerintahan untuk mengirimkan nama-nama pegawai yang tidak masuk di hari pertama kerja kepada BKPPD. Mereka akan dipanggil pada hari Rabu (5/7) untuk klarifikasi mengenai absensi di hari pertama kerja.

Sementara itu, Sekda Kota Cirebon Asep Dedi menyayangkan ASN yang absen di hari pertama kerja. Padahal libur Lebaran sudah cukup lama yaitu 10 hari. Bahkan untuk izin tambahan sebenarnya tidak diperkenankan yang telah diatur dari Pemerintah Pusat.

“Untuk cuti tambahan tidak boleh. Karena sudah cuti bersama cukup lama sampai 10 hari. Jadi sudah cukup, mulai bekerja. Yang terlambat datang ke kantor, kita maklumi kalau alasannya kuat,” kata dia. (Rakyat Cirebon)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s