Terminal Harjamukti Bersolek Gaet Hati Penumpang

Ilustrasi. Terminal Harjamukti. (Foto: wikipedia)

(Suara Gratia) Cirebon – Sejak beralihnya kepengurusan Terminal Harjamukti Cirebon dari Pemerintah Kota Cirebon ke Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat per 1 Januari 2017, pihak terminal terus melakukan upaya pembenahan secara infrastruktur.

Rencananya, Terminal Harjamukti ini akan dibangun dengan konsep baru yang modern dan terintegrasi. Konsep tersebut akan dibuat seperti di stasiun atau bandara yaitu melalui sistem zonasi. Penumpang yang akan berangkat naik bus dari terminal ini tidak campur dengan pengantar atau penjemput.

“Akan ada zona satu, zona dua dan zona tiga. Zona satu, untuk publik. Zona dua yaitu penumpang yang sudah memiliki tiket yang boleh masuk ke dalam ruang tunggu, tidak lagi tercampur dengan yang mengantar, tidak lagi tercampur dengan yang lain-lain. Jadi sudah steril. Dan zona tiga yaitu zona pemberangkatan. Jadi yang boleh masuk ke zona tiga hanya penumpang yang mau berangkat saja,” kata Kepala Terminal Harjamukti Kota Cirebon, Edi Kurnaedi seperti yang dilansir dari Fajar Cirebon, hari Kamis (7/7).

Kemudian, pintu masuk terminal yang saat ini masuk dari Jalan Bypass akan dipindahkan ke belakang. Bangunan kios yang ada di belakang terminal akan difungsikan kembali. Jadi, semua penumpang, pengantar jemput ke belakang yang disebut sebagai zona publik. Di zona publik itu akan ada supermarket, kios, rumah makan, kios oleh-oleh dan penjualan tiket.

Rencana pembenahan ini merupakan upaya dari pengelola Terminal Harjamukti meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat yang selalu menggunakan jasa angkutan darat seperti bus. Hal ini terlihat dari kenaikan angka keberangkatan penumpang maupun bus pada arus balik angkutan lebaran kemarin.

Total keberangakatan penumpang angkutan lebaran 2017 di Terminal Harjamukti Kota Cirebon periode H-10 sampai dengan H+5 sebanyak 19.258 orang.

Jumlah itu naik 85,87 persen dibanding periode yang sama tahun 2016 lalu sebanyak 10.361 penumpang. Demikian pula keberangkatan bus dari Terminal Harjamukti tercatat sebanyak 3.053 armada, naik mencapai 93,60 persen dibanding periode yang sama tahun 2016 lalu. (Fajar Cirebon)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s