PB Djarum Gelar Audisi Bidik Atlet Bulu Tangkis Berbakat dari Cirebon

Panitia penyelenggara Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis 2017 di GOR Bima, Cirebon, hari Jumat (21/7). (Foto: Dian)

(Suara Gratia) Cirebon – Perkumpulan Bulu Tangkis Djarum kembali menggelar Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis 2017 di beberapa kota. Salah satunya adalah Kota Cirebon yang digelar di gedung olahraga (GOR) Bima pada tanggal 22-24 Juli 2014.

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yoppy Rosimin menjelaskan audisi tersebut digelar untuk menjaga mata rantai prestasi olahraga bulu tangkis Indonesia.

“Level persaingan bulu tangkis dunia kini sudah semakin ketat. Tantangan global ini harus kita hadapi dengan mencari bakat-bakat baru yang bisa menjadi penerus prestasi bulu tangkis Indonesia. Audisi umum ini adalah salah satu upaya agar Indonesia bisa terus menghasilkan juara-juara dunia baru,” kata Yoppy dalam jumpa pers yang digelar di GOR Bima, Cirebon, hari Jumat (21/7).

Setelah menyelesaikan audisi umum di tiga kota sebelumnya, yaitu Pekanbaru, Balikpapan dan Manado, kini PB Djarum mulai membidik bibit atlet di beberapa kota di Pulau Jawa. Cirebon adalah salah satu kota yang kembali dipilih sebagai tuan rumah audisi tersebut karena dianggap kerap menjadi barometer kekuatan bulu tangkis Indonesia.

“Audisi umum di luar Pulau Jawa cukup mengejutkan kami karena banyak muncul calon pebulu tangkis yang bagus-bagus. Tercatat dari 939 peserta yang mengikuti audisi umum, 45 peserta berhasil memperoleh Super Tiket dan berhak mengikuti tahap final di Kudus. Kami berharap adik-adik di Cirebon ini tidak kalah bagusnya dan mampu menunjukkan permainan terbaik mereka di audisi umum,” kata Yoppy.

Cirebon memang menjadi salah satu penghasil pebulu tangkis berbakat tingkat internasional. Salah satunya adalah Candra Wijaya yang pernah meraih medali emas Olimpiade Sydney 2000 serta Tjun-Tjun yang pernah meraih Juara All England di era 1970-an sebanyak enam kali.

Dalam audisi tersebut, PB Djarum akan menerjunkan tim pencari bakat yang dipimpin oleh legenda bulu tangkis Indonesia yaitu Christian Hadinata, Lius Pongoh, Ade Candra, denny Kantono, Kartono, Johan Wahyudi dan Simbarsono.

Fokus U11 dan U13

Yoppy menyatakan dalam audisi umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis 2017, PB Djarum akan lebih fokus untuk mencari atlet putra dan putri dari kelompok U11 dan U13. Ini memang berbeda dari audisi tahun-tahun sebelumnya yang hanya berfokus di U13 dan U15.

“PB Djarum berkomitmen dalam melakukan pembinaan terhadap atlet sejak usia dini. Pembinaan yang terstruktur dan berjenjang di PB Djarum terhadap atlet usia dini, diharapkan bisa membentuk karakter dan mengasah para atlet untuk mengeluarkan kemampuan terbaik yang dimilikinya,” kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, atlet senior, Christian Hadinata menambahkan fokus PB Djarum di U11 dan U13 ini bukan tanpa alasan, karena untuk menjadikan atlet berprestasi ada senjang waktunya yaitu bisa mencapai 10 tahun.

“Untuk menjadikan atlet berprestasi ada senjang waktunya. Teorinya itu bisa sampai 10 tahun. Kevin Sanjaya masuk Pelatnas pada tahun 2006-2007 dan pada tahun 2017 itu dia masuk menjadi ganda putra nomor satu dunia. Oleh karena itu kita menggeser faktor usia itu menjadi U13 dan U14. Ini jadinya pas,” kata dia.

Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis 2017 dapat diikuti oleh atlet putra dan putri berkewarganegaraan Indonesia dengan kategori U11 (berusia 6-10 tahun atau kelahiran 2007-2011) dan U13 (untuk peserta dengan umur 11-12 tahun atau kelahiran tahun 2006 dan 2006).

Audisi akan dilakukan dalam bentuk kompetisi dengan sistem gugur. Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui www.pbdjarum.org atau dengan mendaftaran diri langsung di GOR setiap kota audisi. Peserta diwajibkan melakukan daftar ulang satu hari sebelum tahap seleksi (H-1) sesuai kota audisi pilihannya. Panitia tidak memungut biaya apapun alias gratis dalam audisi ini. (Dian)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s