Wali Kota Cirebon Ingin Karya Ibu-ibu PKK Dipajang di Galeri

Wali Kota Cirebon Nasrudin Azis bersama ibu-ibu PKK menunjukkan hasil karya Pokja 3 dari limbah rumah tangga. (Foto: Dian)

(Suara Gratia) Cirebon – Wali Kota Cirebon Nasrudin Azis menginginkan semua karya dari ibu-ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang dibuat dari limbah rumah tangga bisa dipajang di galeri khusus. Contohnya adalah seperti yang dibuat oleh salah seorang ibu yang membuat replika Kereta Paksi Naga Liman khas Cirebon dari koran bekas.

“Saya usul ini produk-produk buatan ibu-ibu PKK dibuatkan galeri. Kita bisa kerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan Dinas Pariwisata,” kata dia ketika melihat langsung beberapa karya yang dibuat oleh ibu-ibu PKK yang memanfaatkan limbah rumah tangga di Kantor Sekretariat PKK Jalan Siliwangi no 123 Cirebon, hari Jumat (28/7).

Dia menginginkan kerajinan tersebut tidak hanya dijual di kelurahan saja tapi juga bisa diproduksi secara massal dan menjadi oleh-oleh khas Kota Cirebon. Melalui galeri, dia berharap pangsa pasar akan terbuka lebar dan dapat merambah dunia internasional.

Untuk sementara galeri yang dimaksud bisa menumpang di suatu ruangan milik Disperindag atau Dinas Pariwisata.

“Galeri ini penting agar karya ibu-ibu ini bisa dilihat orang dan pada akhirnya nanti harapannya bisa dibeli orang, diborong orang mungkin bisa diekspor jadi itu nanti akan melangsungkan produksinya, dan akan dipamerkan di tempat yang terbuka. Saya perintahkan Disperindag dengan Dinas Pariwisata untuk membuat standnya untuk ibu-ibu PKK.”

Gelontorkan Rp 10 Juta

Selain itu, untuk mengapresiasi kerja keras kader PKK yang saat ini tengah mengikuti lomba antar kecamatan dalam Jambore Kader PKK Tahun 2017 tentang Program Peningkatan Kapasitas Kelembagaan, Kegiatan Pembinaan Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan (LKK), Nasrudin menyumbang Rp 10 juta dari kantong pribadinya.

Menurutnya uang tersebut bisa menjadi pemacu bagi kader-kader PKK agar bekerja lebih giat lagi dan menghasilkan karya-karya yang lebih menarik lagi.

“Tadi saya secara pribadi memberi bantuan Rp 10 juta untuk merangsang para peserta untuk berkarya lebih besar dan itu merupakan stimulan bagi para juara,” kata dia.

Jambore PKK ini selalu diadakan setiap tahun. Tujuannya adalah ajang untuk kader-kader PKK untuk memelihara kemampuan agar setiap saat siap pakai, siap terjun ke lapangan, mengasah diri, menguji kemampuan demi baktinya kepada masyarakat Kota Cirebon, meningkatkan pendapatan keluarga, dan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga dsb.

“Jadi lomba-lomba ini, jambore ini dibuat untuk mengasah kemampuan itu. Nanti akan dilombakan sampai dengan tingkat pusat. Saya sangat berterima kasih kepada jajaran PKK Kota Cirebon yang selalu eksis dalam setiap kegiatan lomba-lomba maupun kegiatan yang langsung dirasakan oleh masyarakat,” kata Nasrudin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s