Prodia Kampanyekan Pencegahan Prediabetes

Konferensi pers Roadshow Talkshow “Wellness Prediabetes” Prodia di CSB Mall, hari Minggu (27/8). (Foto: Dok. Prodia)

(Suara Gratia) Cirebon – Laboratorium Klinik Prodia mengkampanyekan pencegahan prediabetes kepada masyarakat Indonesia dengan menggelar roadshow talkshow di 22 kota besar termasuk di Cirebon.

Bukan tanpa alasan tema “Wellness Prediabetes” diangkat sebagai tema utama roadshow Prodia yang menggandeng Dr. Nanny NM Soetedjo dan Riska Widyasari sebagai narasumber.

Pada tahun 2030 International Diabetes Federation(IDF) memprediksikan terdapat 398 juta penduduk dunia mengalami prediabetes. Menurut hasil Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) prevalensi prediabetes di Indonesia cukup tinggi, yaitu sekitar 10,2 persen, sehingga diperkirakan 24 juta penduduk Indonesia adalah penderita prediabetes.

Prediabetes merupakan peringatan awal sebelum menjadi diabetes dan setelah diketahui keberadaannya itulah saatnya untuk segera memperbaiki pola hidup sebelum terlambat menjadi diabetes.

“Gaya hidup tidak sehat diantaranya kurang melakukan aktivitas (olahraga) banyak mengonsumsi makanan kaya lemak (junk food), dan sering mengalami stres merupakan beberapa penyebab seseorang terkena prediabetes,” kata Nanny dalam konferensi pers di Mall CSB Cirebon, hari Minggu (27/8).

“Tanpa disadari hal tersebut akan menyebabkan gangguan keseimbangan pada metabolisme tubuh sehingga memicu terjadinya penimbunan gula yang disimpan dalam bentuk lemak dan menyebabkan individu mengalami obesitas. Hal ini tentu akan memicu munculnya berbagai macam penyakit serius.”

Di masa lampau, upaya sosialisasi hanya berfokus pada pengobatan saja bukan mencegah secara dini. Namun, saat ini, pasien sudah diajak untuk bersama-sama meningkatkan wellness dan menempatkan diri sebagai partner tenaga kesehatan dalam melakukan pengambilan keputusan mengenai kesehatan mereka.

Wellness bisa dimaknai sebagai rangkaian proses untuk meraih kondisi sehat secara menyeluruh dan bersifat multidimensi, di antaranya emotional, intellectual, spiritual, occupational, social, dan physical. Laboratorium Klinik Prodia pun melihat wellness sebagai suatu hal yang penting bagi masyarakat Indonesia.

Menurut Nanny, penyandang prediabetes sebaiknya rutin konsultasi ke dokter dan memeriksakan kadar gula darahnya, baik sewaktu puasa ataupun tidak puasa. Pemantauan yang rutin dilakukan dapat mencegah kenaikan kadar gula darah sekaligus meningkatkan kontrol terhadap pola makan sehingga berat badan tidak berlebihan.

“Penerapan gaya hidup sehat (healthy lifestyle) dapat mengontrol kadar gula darah kembali ke tingkat normal atau paling tidak ke tingkat terakhir sebelum diabetes mellitus tipe 2,” kata dia.

Namun terkadang diperlukan obat-obatan yang dapat digunakan sebagai pilihan jika telah berisiko tinggi menyandang diabetes. Hal tersebut juga dapat dilakukan apabila kondisi prediabetes semakin memburuk atau pasien juga mengidap penyakit jantung (cardiovascular disease), perlemakan hati (Fatty liver disease), atau  sindrom polikistik ovary (polycystic ovary syndrome).

Dalam kasus lain, mungkin juga diperlukan obat untuk mengontrol kolesterol dan hipertensi. Namun, bagaimana pun gaya hidup sehat tetap menjadi pilihan utama.

Untuk memfasilitasi masyarakat dalam pencegahan prediabetes, Laboratorium Klinik Prodia menyediakan pemeriksaan laboratorium yang umum dilakukan terkait prediabetes, yaitu Glukosa Puasa dan HbA1c.

Kedua pemeriksaan tersebut memiliki manfaat masing-masing, dimana pemeriksaan Glukosa darah puasa, merupakan pemeriksaan umum yang dilakukan untuk menilai kadar gula darah puasa. Sedangkan HbA1c merupakan pemeriksaan gula darah yang dapat mencerminkan rata-rata kadar gula darah dalam waktu dua hingga tiga bulan sebelum melakukan pemeriksaan.

Memasuki era Next Generation Medicine, Lab Klinik Prodia bertranformasi dengan meluncurkan visi baru di tahun 2016, yaitu Layanan Kesehatan Terpercaya Menunjang Pengobatan Generasi Baru (Transforming towards Reliable Next Generation Health Care).

Demi mencapai visi ini, Prodia mengembangkan berbagai teknologi dan aplikasi baru, antara lain di bidang diagnostik molekuler, Mass Spectrometry, dan teknologi multiplex di laboratorium klinik, dengan didukung oleh sistem validasi metode yang kuat. Semua ini adalah persembahan Prodia untuk Indonesia.

Iklan

Penulis: SUARA GRATIA 95,9 FM

Jl. Setiabudi 31 Cirebon Jawa Barat - Indonesia 0231.230816 0817222959 Nomer Rekening Pelayanan / Donasi BCA 314.079.9590 PT. Radio Swara Mulya Afrindo Rekatama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: