AS Bidik Investasi Pelabuhan Cirebon

perwakilan Kedutaan Besar Amerika Serikat Maxwell S. Harrington (kiri) di Kantor Wali Kota Cirebon, hari Jumat (15/9). (Foto: Dian)

(Suara Gratia) Cirebon – Plt Sekretaris Daerah Agus Mulyadi mengatakan Amerika Serikat saat ini tengah membidik potensi Pelabuhan Cirebon dan berencana akan menawarkan potensi pengembangan Cirebon kepada investor Amerika dan negara lainnya.

“Kunjungan ini adalah bagian dari pencarian investasi untuk membantu pembangunan Kota Cirebon dan mereka tertarik pengembangan Pelabuhan Cirebon,” kata Agus usai menemui perwakilan Kedutaan Besar Amerika Serikat Maxwell S. Harrington di Kantor Wali Kota Cirebon, hari Jumat (15/9).

“Apalagi Rencana Induk Pelabuhan (RIP) sudah ditetapkan Kemenhub tentang pembangunan Pelabuhan Cirebon. Makanya mereka sangat tertarik untuk memajukkan Kota Cirebon melalui sektor pelabuhan.”

Sementara itu, Harrington menjelaskan maksud kedatangannya bertemu dengan Wali Kota Nasrudin Azis adalah untuk mengumpulkan informasi mengenai apa saja yang menjadi potensi investasi di masa depan antara AS dan Cirebon.

Sebagai pihak yang diberi tanggung jawab untuk memegang wilayah Cirebon dari Kedubes AS di Jakarta, Harrington menjelaskan dia sudah tiga kali berkunjung ke Cirebon dan mendatangi beberapa universitas, sekolah dan sektor lainnya. Selain itu dia juga selalu mempelajari situasi ekonomi di Cirebon karena bila ada potensi, pihaknya bisa menghubungkan ke investor di AS.

“Di AS, kami memiliki kantor pelayanan publik dan iklan. Mereka adalah ahlinya dalam menghubungkan perusahaan-perusahaan AS dengan potensi investasi di Indonesia. Jadi kami akan memberikan informasi ke kantor tersebut kepada tim yang memiliki potensi besar dalam bidang investasi di Cirebon. Jadi saya yakin beberapa investor sangat tertarik,” kata dia.

Meski belum memiliki data secara spesifik, dia yakin Cirebon memiliki sumber potensi investasi yang sangat tinggi.

Setelah tiga kali mengunjungi Kota Cirebon, Harrington sangat terkesan dengan Kota Udang ini. menurutnya, Kota Cirebon adalah kota yang sangat indah karena selain memiliki laut, Kabupaten Cirebon juga memiliki gunung. Dia pun sangat terkesan dengan udara di Kuningan yang lebih dingin dibandingkan di Kota Cirebon.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s