Pemprov Jabar Akan Genjot Sektor Pariwisata Cirebon

Tarian Siti Sendari Romo memeriahkan acara Welcome Dinner di Taman Air Goa Sunyaragi, Cirebon, hari Jumat (16/9). (Foto: Dian)

(Suara Gratia) Cirebon – Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Ida Hernida akan menggenjot Cirebon menarik jutaan wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri dengan sektor pariwisatanya.

“Saya akan menggenjot Cirebon dengan museum keratonnya. Cirebon adalah salah satu destinasi budaya yang dikenal dengan kuliner dan fashion-nya. Siapa tidak tahu empal gentong? Siapa tidak tahu batik mega mendung?” kata dia dalam acara Welcome Dinner di Taman Air Goa Sunyaragi, Cirebon, hari Jumat (15/9).

Ida sangat mengapresiasi upaya keraton yang ada di Cirebon dalam melestarikan peninggalan benda pusaka yang bersejarah dalam museum yang ditata apik. Menurut dia, upaya tersebut mengimbangi era kekinian di zaman modern saat ini.

Ketua Forum Komunikasi Informasi Keraton Nusantara (FKIKN) Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Wandansari Koes Moertijah juga berpendapat tidak mudah untuk melestarikan budaya leluhur yang sudah ada sebelum zaman kemerdekaan.

Menurutnya, dengan penyelenggaraan FKN ini dapat membantu dan mengedukasi masyarakat untuk tidak melupakan tradisi dan budaya bangsa yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Terima kasih bantuannya sehingga masyarakat mengetahui bahwa kami ada dan kami berkomitmen melanggengkan cikal bakal terbentuknya Indonesia. Semoga FKN ini mampu menghadirkan nilai persatuan di NKRI,” kata dia.

Wali Kota Nasrudin Azis pun mengungkapkan rasa syukurnya kepada semua pihak yang turut membantu penyelenggaraan FKN di Kota Cirebon. Selain itu dia juga berpendapat bahwa pertemuan seluruh keraton yang ada di Indonesia ini merupakan bukti FKN memiliki peran penting dalam melestarikan budaya.

“Ini tentu menjadi berkah bagi Cirebon sebagai kota wisata, kota bahari yang terkenal di mata dunia,” kata dia.

Pagelaran FKN ini juga menarik perhatian Assistant Cultural Affairs Officer US Embassy Maxwell S. Harrington. Dia sudah tiga kali berkunjung ke Cirebon dan menurutnya acara FKN ini adalah peristiwa yang sangat indah dengan menghadirkan sultan dan raja keraton dari seluruh Indonesia.

“Saya sangat tertarik dengan acara FKN ini,” kata dia.

Dalam acara tersebut, beberapa kesenian asli Cirebon yaitu tarling juga turut meramaikan acara Gala Dinner tersebut. Pertunjukan tari dan peragaan busana dari Yogyakarta juga tak kalah memukau para undangan yang hadir dalam acara tersebut.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s