Ini Syarat Dukungan Calon Perseorangan Bisa Melenggang di Pilwalkot Cirebon 2018

Sosialisasi pencalonan jalur perseorangan dalam Pilwalkot 2018 di Kantor KPU Cirebon, hari Rabu (1/11). (Foto: KPU)

(Suara Gratia) Cirebon – Pemilihan walikota dan wakil walikota memang tak hanya diikuti oleh berbagai calon yang diusung oleh partai politik pendukungnya. Tapi ada juga yang mengajukan diri dari calon perseorangan.

Untuk memfasilitasi hak warga negara dalam kontestasi pemilihan wakil kepala daerah, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon menggelar sosialisasi pencalonan kepala daerah untuk jalur perseorangan, hari Rabu (1/11).

Anggota KPU Kota Cirebon bidang Divisi Teknis Penyelenggaraan, Moh.  Arief menjelaskan calon perseorangan dapat mendaftarkan diri sebagai calon walikota dan calon wakil walikota jika memenuhi syarat dukungan jumlah penduduk yang mempunyai hak pilih dan termuat dalam daftar pemilih tetap pada pemilihan umum.

“Syarat minimal dukungan calon perseorangan bakal calon walikota dan wakil walikota Cirebon yaitu  10 persen dari DPT Pilpres 2014 sebesar 233.774 yaitu sebanyak 23.378 dukungan yang tersebar di lebih dari 50 persen jumlah kecamatan yaitu minimal di tiga kecamatan”, kata Arief di Kantor KPU Kota Cirebon, hari Rabu (1/11).

Arief menambahkan dukungan diberikan kepada satu pasangan calon perseorangan, penduduk yang dapat memberikan dukungan yaitu dengan memenuhi syarat sebagai pemilih yang dibuktikan dengan KTP-elektronik serta kelengkapan dokumen pendaftaran bakal calon pasangan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s