Target Naik, Pemkot Cirebon Permudah Pembayaran PBB

Walikota Cirebon Nasrudi Azis. (Foto: Dian)

(Suara Gratia) Cirebon – Target penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Kota Cirebon tahun ini naik hingga mencapai Rp 29 miliar. Seiring dengan kenaikan target tersebut, Pemkot Cirebon akan mempermudah prosedur pembayaran bagi warga Kota Cirebon. Di antaranya adalah dengan mempercepat pencetakan SPPT dan pembayaran bisa dilakukan di gerai-gerai minimarket.

“Penyampaian SPPT (Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang) lebih awal ini bertujuan agar masyarakat membayar pajak sebelum jatuh tempo. Saya tentu sangat mengapresiasi dan bahagia karena SPPT 2018 seluruhnya sudah tercetak dan siap untuk didistribusikan,” kata Wali Kota Cirebon Nasrudin Azis di Cirebon, hari Rabu (24/1).

Selain mempercepat pencetakan SPPT di bulan Januari ini, Pemkot Cirebon juga mempermudah warga yang ingin membayar pajak. Oleh karena itu, Pemkot Cirebon bekerja sama dengan dua gerai minimarket yaitu Alfamart dan Indomaret.

Dia berharap dekatnya gerai minimarket dan rumah warga ini mempermudah warga untuk membayar pajak sehingga diharapkan target pajak tahun ini bisa tercapai.

“Tahun ini target penerimaan dari PBB yang mencapai Rp 29 miliar. Dengan berbagai terobosan yang telah dilakukan oleh Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Cirebon, target tersebut bisa tercapai.”

Sementara itu, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Cirebon Sukirman, menjelaskan tahun 2017 lalu target penerimaan dari PBB sebesar Rp 27 miliar namun total penerimaan atau realisasi yang diterima BKD adalah sekitar Rp 27,5 miliar.

“Realisasi penerimaan melebihi dari target yang ditentukan,” kata Sukirman.

Dia berharap dengan mempercepat pencetakan SPPT maka masyarakat juga bisa mempercepat pembayaran PBB.

“Apalagi sekarang pembayaran tidak hanya dilakukan di Bank BJB saja tapi juga bisa di kantor pos, dan minimarket,” kata dia.

Saat ini, tambah dia, sudah ada 4 persen PBB yang masuk. Padahal biasanya bulan Januari dan Februari belum ada penerimaan PBB yang masuk. Hingga saat ini jumlah obyek penerimaan PBB di Kota Cirebon sebanyak 73.000 wajib pajak. (Humas Pemkot Cirebon)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s