KPU: DPS Kota Cirebon 251.737 Orang

KPU Kota Cirebon menggelar kegiatan penyusunan daftar pemilih hasil pemutakhiran di Aula KPU Kota Cirebon, hari Senin (6/3). (Foto: Dian)

(Suara Gratia) Cirebon – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon telah selesai melakukan verifikasi data pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih di Kota Cirebon. Hasilnya, data yang terverifikasi mencapai 251.737 orang.

“Daftar pemilih sementara (DPS) setelah dilakukan pencocokan dan penelitian mencapai 251.737 orang,” kata Ketua KPU Kota Cirebon Emirzal Hamdani di Aula KPU Kota Cirebon, hari Senin (5/3).

DPS tersebut akan terserap di 579 tempat pemungutan suara (TPS) di 22 kelurahan Kota Cirebon. Bagi warga yang belum terdaftar atau luput dari petugas coklit maka datanya akan disimpan terlebih dahulu dan akan dimasukkan dalam daftar pemilih sementara agar tidak mengubah data coklit yang sudah masuk.

“Setelah itu nanti akan langsung ditambahkan di tahap penetapan data selanjutnya,” kata dia.

Jika data tersebut sudah ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap (DPT), maka data tersebut akan dipakai sebagai DPS dalam pemilihan presiden mendatang.

Anggota Komisioner KPU Kota Cirebon, Iwan Setiawan berharap agar daerah Jawa Barat ini nihil daftar pemilih tambahan (DPTb). “Kalau pun ada, kami akan menetapkan berapa jumlah DPTb yang bisa ditolerir dan tidak. Kalau bengkak, itu sama dengan tidak bekerja,” kata dia.

Adapun kendala petugas pemutakhiran data pemilu (PPDP) dalam mengumpulkan data adalah prasarana seperti komputer kelurahan yang tidak memadai dan kesulitan bertemu dengan warga.

“Ada juga warga yang sudah pindah rumah tidak melapor. Kami bisa menelusuri jejaknya apabila warga yang bersangkutan memberitahu tetangganya. Tapi jika tidak, kami kehilangan jejak,” kata dia.

Emirzal menambahkan ada juga RW yang tergusur karena pembangunan seperti yang terjadi di kawasan Kartini.

Setelah melakukan coklit, panitia pemungutan suara (PPS) akan melakukan rapat pleno terbuka di setiap kelurahan pada hari Selasa (6/3) dengan mengundang petugas pemungutan data pemilu (PPDP), pengawas pemilu lapangan (PPL) dan tim kampanye. (Dian)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s