Langgar Aturan, KPU Kota Cirebon Tertibkan APK Paslon

Penertiban alat peraga kampanye (APK) yang dilakukan oleh KPU dan Pemerintah Kota Cirebon bidang Pilkada, hari Jumat (9/3). (Foto: Dian)

(Suara Gratia) Cirebon – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon melakukan penertiban alat peraga kampanye (APK) pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Cirebon yang diduga melanggar aturan.

KPU Kota Cirebon bersinergi dengan pemerintah kota dalam hal ini desk pilkada, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk menertibkan APK tersebut. Ketua Pengawas Pemilu (Panwaslu) Susilo Waluyo mengatakan penertiban APK tersebut sudah melalui prosedur yang tepat yaitu dengan memberikan surat peringatan kepada tim kampanye masing-masing paslon.

“Kami sudah melalui prosedur sebagaimana mestinya. Harusnya penurunan APK ini dilakukan oleh tim kampanye. Namun tak ada satupun yang bergerak sehingga kami melakukan giat tersebut dengan mengirimkan surat peringatan terlebih dahulu,” kata Susilo di Jalan Dr. Ciptomangunkusumo, Cirebon, hari Jumat (9/3).

Ketua KPU Kota Cirebon Emirzal Hamdani juga mengatakan penertiban APK ini berlaku untuk APK yang dipasang sebelum penetapan paslon beberapa waktu yang lalu dan tidak sesuai dengan ketentuan. Selain itu APK yang dipasang di pohon atau tiang listrik juga tak luput dari penertiban karena sudah melanggar peraturan daerah.

“APK yang diturunkan ini tentunya yang tidak sesuai dengan ketentuan. Misalnya tidak ada nomor urut paslon dan yang dipasang sebelum pengumuman penetapan paslon resmi dari KPU,” kata Emirzal di kesempatan yang sama.

Emirzal mengungkapkan penertiban APK ini akan dilakukan selama beberapa hari di seluruh kecamatan Kota Cirebon.

“Tidak mungkin hari ini selesai, tapi kami akan semaksimal mungkin menyelesaikannya dengan cepat,” kata dia. (Dian)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s