Pemkot Cirebon Tawarkan Pusdiklatpri Untuk Embarkasi Haji

Pjs Wali Kota Cirebon Dedi Taufikkurohman (kiri) dan Kadis DKIS Iing Daiman (kanan). (Foto: Dian)

(Suara Gratia) Cirebon – Pemerintah Kota Cirebon menyambut baik keberadaan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Kabupaten Majalengka yang pengerjaannya sudah mencapai 90 persen. Rencananya, Pemkot Cirebon akan menawarkan eks gedung Pusdiklatpri untuk embarkasi calon jemaah haji.

“Terlebih dahulu akan kita lakukan evaluasi apa yang harus diperbaiki disini,” kata Pjs Wali Kota Cirebon Dedi Taufikkurohman di Cirebon, hari Jumat (6/4).

Kemudian, Pemkot Cirebon akan menawarkan gedung tersebut kepada Kementerian Agama maupun pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk dijadikan embarkasi jemaah haji yang diterbangkan melalui BJIB Kertajati.

“Jaraknya pun dekat, hanya 30 menit dari Kota Cirebon menuju Majalengka,” kata dia.

Dedi menambahkan Kota Cirebon harus bisa menangkap peluang dari beroperasinya BIJB Kertajati. Mulai dari hotel, tempat wisata, kuliner, dll.

“Kota Cirebon ini sekarang bukan lintasan lagi tapi merupakan kota tujuan termasuk wisata karena keberadaan BIJB Kertajati akan meningkatkan kunjungan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara,” kata dia.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Cirebon Asep Dedi mengungkapkan pihaknya sudah menyurati pihak Universitas NU (UNU) yang masih meminjam gedung tersebut untuk perkuliahan. Isi surat tersebut mengimbau kepada pihak kampus untuk bersiap mencari lokasi baru.

“Karena dalam waktu dekat, gedung ini akan kita gunakan kembali,” kata Asep .

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan BIJB Kertajati akan digunakan untuk penerbangan haji minimal untuk dua kabupaten yaitu Majalengka dan Sumedang. Dari kedua kabupaten tersebut tercatat ada tujuh penerbangan yang nantinya akan menggunakan pesawat airbus 330. Tak hanya itu, BIJB juga akan melayani penerbangan komersil dimulai saat mudik lebara mendatang.

Ada 5 kota yang dilayani yaitu Medan, Surabaya, Bali dan Makassar. Sementara rute penerbangan luar pulau Jawa baru melayani untuk Pulau Kalimantan yaitu Kota Samarinda dan Balikpapan. (Pemkot Cirebon)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s