Sekda Kota Cirebon Belum Temukan PNS Terlibat Narkoba

Rapat kerja program pemberdayaan masyarakat antipenyalahgunaan narkoba pada instansi pemerintah di Grage Hotel, hari Selasa (10/4). (Foto: Dian)

(Suara Gratia) Cirebon – Sekretaris Daerah Kota Cirebon Asep Dedi mengatakan sejauh ini pihaknya masih belum menemukan pegawai negeri sipil (PNS) yang menggunakan narkoba. Oleh karena itu, dia meminta pihak Badan Narkotika Nasional untuk membantu Pemkot Cirebon memaksimalkan pelayanan pencegahan narkoba di kalangan PNS.

“Hingga saat ini saya belum mendapatkan laporan mengenai peredaran atau penggunaan narkoba di kalangan PNS. Saya berharap BNN bisa membantu memaksimalkan pelayanan di lingkungan Pemkot Cirebon,” kata dia di Grage Hotel Cirebon, hari Selasa (10/4).

Selain itu, peredaran narkoba di kalangan masyarakat juga sudah semakin luas. Apalagi di kalangan anak-anak sekolah. Asep meminta BNN untuk melakukan kerja sama dengan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dan Dinas Perdagangan Kota Cirebon untuk mengawasi peredaran narkoba melalui jajanan sekolah.

Sedangkan di kelurahan, Pemkot juga akan melakukan tindakan preventif dengan membangun Kelurahan Bebas Narkoba di Kota Cirebon. Tak lupa, dia mengingatkan pondasi yang paling penting dalam pencegahan narkoba adalah agama yang kuat di keluarga.

“Pondasi agama di keluarga yang kuat adalah filter yang kuat untuk menangkal dampak narkoba yang sangat berbahaya terhadap generasi bangsa. Oleh karena itu pemerintah dan masyarakat harus memiliki komitmen bersama untuk menghentikan peredarannya,” kata dia.

Dalam rapat tersebut Kepala BNN Kota Cirebon Mohamad Syabli Noer mengungkapkan kesulitan mendasar dalam upaya memberantas narkoba yaitu keterbatasan sumber daya manusia (SDM). Menurutnya apabila ketersediaan SDM terpenuhi maka kinerja BNN akan semakin optimal.

Dia mengungkapkan tahun 2017 sebanyak 59 persen pekerja swasta dan pemerintahan, 24 persen pelajar dan mahasiswa dan 17 persen populasi umum sudah menggunakan narkoba. Oleh karena itu, dia meminta dinas dan lembaga pemerintah terkait untuk membantu BNN mensosialisasikan bahaya narkoba.

Dalam rapat tersebut, pihak Bea Cukai mengusulkan untuk melakukan patroli laut bersama, melakukan pemeriksaan barang-barang import dari luar negeri yang masuk melalui Pelabuhan Cirebon.

Mereka juga akan memberikan bantuan anjing pelacak atau K-9 untuk membantu BNN melacak narkoba yang tak terdeteksi. (Dian)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s